web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jadwal Pelantikan Pimpinan KPK Bakal Dimajukan, Benarkah?

Selasa, 17 September 2019 15:27 WIB

KPK

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Wakil Ketua terpilih Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) periode 2019-2024, Lili Pintauli Siregar, menepis adanya informasi yang menyebut jadwal pelantikan pimpinan KPK terpilih akan dimajukan. Menurut Lili, jadwal pelantikan akan tetap dilaksanakan pada Desember mendatang.

AYO BACA : Majelis Pengesahan Revisi UU KPK Tidak Kuorum

"Berdasarkan pembicaraan kami kemarin, belum ada tanda-tanda akan dimajukan. Tetap pada 21 Desember sesuai SK Presiden yang ada pada pimpinan," ujar Lili, Selasa (17/9/2019).

AYO BACA : Fahri Hamzah Akui Sidang Paripurna Kosong Saat Pengesahan UU KPK

Sehingga, Lili menegaskan bahwa baik Presiden Joko Widodo maupun DPR belum memberitahukan adanya perubahan jadwal pelantikan. "Kalau belum ada, artinya ya bayangan saya itu sampai Desember ya (pelantikan)," tambah Lili.

Sebelumnya, rapat paripurna DPR mengesahkan lima pimpinan KPK yang baru, Senin (16/9). Lima pimpinan KPK terpilih adalah Firli Bahuri, Nawawi Pomolango, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

Lima pimpinan KPK disahkan setelah Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin membacakan laporan fit and proper test dalam rapat paripurna. Untuk pelantikan mereka, direncanakan diselenggarakan pada Desember 2019 bersamaan dengan berakhirnya masa kerja KPK jilid IV.

AYO BACA : Soal Dewas KPK, Fahri Hamzah: Setiap Kekuatan Harus Diawasi

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers