web analytics
  

Tumpukan Sampah di Sungai Cipakancilan Bogor Dibersihkan

Selasa, 17 September 2019 14:52 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, Tumpukan Sampah di Sungai Cipakancilan Bogor Dibersihkan, Sungai Cipakancilan, sungai ciliwung, pembersihan sampah, berita bogor, ayobogor, bogor hari ini

TNI dan relawan membersihkan sampah di Sungai Cipakancilan. (Husnul Khatimah/Ayo Media Network)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Setelah sempat viral di media sosial dan menjadi perhatian masyarakat luas, tumpukan sampah di sepanjang Sungai Cipakancilan dan Kalibaru akhirnya dibersihkan oleh TNI dan relawan.

Kasiter Korem 061 Suryakencana, Letkol Asep Muspidah mengatakan sekitar 500 orang dilibatkan dalam pengerukan sampah di sepanjang 8 kilometer aliran sungai ini.

AYO BACA : KPA Sebut Tren Penularan HIV di Kota Bogor Terus Menurun

"Persoalan sampah di sini sudah tahunan, kemaren sempat ramai diperbincangkan, sehingga dari pusat memerintahkan kita untuk membersihkan dengan titik awal di Kedung Badak, Kota Bogor, sampai Cilebut, Kabupaten Bogor," ujar Muspidah disela kegiatan, Selasa (17/9/2019).

Dia mengatakan kegiatan pengerukan sampah ini akan dilakukan selama dua hari. Sampah-sampah pada badan sungai dijadikan fokus bersih-bersih dan kemudian dilanjutkan dengan merapikan pinggiran sungai.

AYO BACA : Raflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

"Kita harapkan hasilnya bagus, semua bersih terutama dititik Kalibaru ini, kita susah alat berat masuk, alatnya sudah ada tapi akses jalan tidak ada akhirnya kita manual keruk sampahnya," kata Muspidah.

Dia berharap kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat agar peduli dengan sungai dan tidak lagi membuang sampah. Ke depan pihaknya bersama Pemkab Bogor akan membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sekitar sungai.

Sementara itu, Satgas Ciliwung, Parno mengatakan kegiatan bersih-bersih tumpukan sampah ini diharapkan tidak berhenti hanya dalam waktu dua hari namun tetap dilanjutkan hingga tidak menyisakan sampah di sungai.

"Ini harus dilanjutkan setiap hari, kita harus kawal kondisinya agar kembali seperti semula, kita akan terus edukasi masyarakat disamping itu pemerintah juga harus sediakan TPS dan sarana yang cukup agar masyarakat tak lagi buang sampah ke sungai," katanya.

AYO BACA : Bogor Gandeng Australia dalam Penataan Sungai Ciliwung

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers