web analytics
  

Korsel Beri Visa Gratis Bagi Wisatawan Indonesia, Ini Syaratnya

Jumat, 13 September 2019 06:35 WIB Istihanah Soejoethi

Genderang Suling Gita Jala Taruna beraksi saat kirab kota Busan, Korea Selatan, Minggu (1/9/2019). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Republik Korea atau Korea Selatan (Korsel) pada 25-26 November mendatang di Busan akan menyelenggarakan ASEAN- Republic of Korea Commemorative Summit.

Untuk merayakan acara ini, Korsel telah memutuskan untuk memberikan bebas biaya visa dalam waktu terbatas selama 3 bulan kepada warga negara Indonesia dan warganegara negara ASEAN lainnya. 

Karena itu, warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi Korea dapat mengajukan permohonan visa tanpa membayar biaya visa selama periode tersebut. Melalui rilis yang diterima oleh media, berikut  hal-hal yang berkaitan dengan visa:

AYO BACA : BLACKPINK Jadi Grup dengan Subscriber Terbanyak

Tipe visa yang termasuk dalam program bebas biaya visa ini hanya berlaku untuk tujuan “kunjungan Singkat (C-3) dan Single entry (klasifikasi visa C-3). Visa C-3 berlaku untuk satu kali dengan waktu kunjungan 30 hari dan maksimum 90 hari.

Bebas biaya visa berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2019 sampai dengan 31 Desember 2019. Selama 3 bulan tersebut, pengajuan visa tipe C-3 akan dibebaskan dari biaya visa sebesar 40 dolar AS. Tetapi biaya administrasi pendaftaran di Korea Visa Application Center (KVAC) tetap berlaku.

Pihak yang mendapatkan keuntungan dari program ini adalah warga negara 10 negara ASEAN termasuk Indonesia.

AYO BACA : Ribuan Masyarakat Cirebon Sambut Kunjungan Dubes Korsel

Masa berlaku visa adalah 3 bulan setelah tanggal penerbitan. Dalam kurun waktu tersebut, visa dapat digunakan untuk mengunnjungi Korea sesuai dengan tanggal rencana keberangkatan.

“ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit” kali ini adalah peringatan 30 tahun telah berlangsungnya Dialogue Partnership dan merupakan suatu kebanggaan bagi Korea untuk dapat berkumpul bersama dengan 10 negara Asean lainnya termasuk Indonesia.

“ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit dan program bebas biaya visa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi banyak warganegara indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea," kata Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Changbeom.

Seperti yang diketahui, saat minat warga negara  Indonesia untuk mengunjungi Korea semakin meningkat setiap tahunnya. Pada 2018, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan total 157,924 visa dan berdasarkan jumlah visa yang diterbitkan terdapat peningkatan sebanyak 15% setiap tahun.

Hal-hal yang harus diperhatikan:

  1. Lokasi pengajuan permohonan visa: Korea Visa Application Center, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Lantai 5
  2. Biaya administrasi pendaftaran visa Rp. 196,000 (tetap bayar walaupun program ini berlaku)
  3. Masa proses mulai dari pengajuan hingga penerbitan visa: - Single Visa (C-3 dan lainnya) 6 hari kerja (tidak termasuk tanggal pengajuan)
  4. Multiple visa dan Group Visa 2 hari kerja (tidak termasuk tanggal pengajuan)

AYO BACA : Rayakan 30 Tahun Diplomasi Korea-Indonesia lewat 'Teko Nang Jawa'

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers