web analytics
  

Angin Kencang Landa Bandung Barat, Pohon Tumbang Timpa Mobil

Rabu, 11 September 2019 20:34 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Bandung, Angin Kencang Landa Bandung Barat, Pohon Tumbang Timpa Mobil, Pohon Tumbang, Angin Kencang,

Sejumlah warga menyaksikan pohon tumbang yang menimpa mobil di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Rabu (11/9/2019) sekira pukul 17.00 WIB. (Tri Junari/Ayobandung.com)

CISARUA, AYOBANDUNG.COM--Angin kencang yang melanda Kabupaten Bandung Barat menyebabkan pohon jenis mahoni dengan diameter 80 centimeter tumbang menimpa mobil yang melintas di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Rabu (11/9/2019) sekira pukul 17.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, pohon mahoni tumbang akibat angin kencang yang melanda kawasan tersebut. Di samping itu, kondisi pohon yang sudah rapuh tak mampu menahan hembusan angin kencang.

AYO BACA : Pohon Mahoni di Jalan Soekarno Hatta Tumbang Timpa Pagar Super Market

"Batang pohon tumbang ke tengah jalan dan menimpa sebuah mobil minibus yang sedang melintas. Beruntung hanya bagian ranting yang mengenai kap mesin sehingga pengemudinya tak mengalami luka apapun. Hanya bagian depan mobil yang penyok," kata Duddy di lokasi kejadian.

Akibat tumbangnya pohon mahoni yang menutup badan jalan, membuat arus lalu lintas dari kedua arah sempat mengalami kemacetan. Jalur wisata di Kawasan Bandung Utara itu sempat lumpuh selama hampir satu jam.

AYO BACA : Pohon Tumbang Di Jalan Sekejati Picu Kepadatan Lalu Lintas

"Kami menggunakan gergaji mesin untuk mempercepat proses evakuasi. Petugas BPBD dibantu aparat dari Polsek dan Koramil Cisarua juga petugas dari PLN," ungkapnya.

Sementara itu, hembusan angin dengan kecepatan cukup tinggi dirasakan warga Kabupaten Bandung Barat sejak pagi hingga sore hari. 

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya mengatakan, pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, terdapat potensi peningkatan kecepatan angin karena perbedaan tekanan udara dan dampak adanya awan Cumulonimbus (awan hitam berlapis).

"Hal ini yang menyebabkan angin kencang dalam skala lokal dan waktu singkat, kurang dari 10 menit," tandasnya.

AYO BACA : Diterjang Angin Kencang, Sejumlah Pohon Tumbang

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers