web analytics
  

Fraksi Nasdem Minta Rapat Paripurna DPRD Bandung Sementara Ditunda

Selasa, 10 September 2019 07:58 WIB Mildan Abdalloh

Logo Partai Nasdem.

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung Sementara mengirimkan undangan rapat paripurna kepada seluruh agggota DPRD. Namun surat tersebut dibalas oleh fraksi Partai Nasdem dengan hal tidak terduga.

Sekretaris fraksi Nasdem Tri Bambang Pamungkas mengungkapkan pihaknya menerima surat undangan dari Pimpinan DPRD sementara untuk menghadiri rapat paripurna dengan agenda pengumuman fraksi-fraksi dan pengumuman calon Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung definitif.

AYO BACA : DPRD Kabupaten Bandung Belum Terima Surat Terkait Pemekaran Bandung Timur

Rapat tersebut harus dihadiri pada Selasa (9/9/2019) ini dan dijadwalkan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Namun surat tersebut dibalas secara resmi oleh fraksi Nasdem yang meminta agar Pimpinan DPRD Sementara Kabupaten Bandung menunda rapat paripurna itu.

"Ada beberapa hal yang menjadi alasan kami meminta agar pimpinan DPRD Sementara untuk menunda Paripurna hari ini," tutur Tri, Selasa (10/9/2019).

AYO BACA : Belum Genap Berusia 25 Tahun, Bambang Tri Pamungkas Jadi Dewan Termuda Kabupaten Bandung

Hal paling mendasar, kata Tri, adalah hasil dari rapat paripurna tersebut berpotensi cacat secara hukum. Dia menjelaskan, ada kekeliruan antara isi surat dengan tugas dan wewenang Pimpinan DPRD Sementara.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2018, Pimpinan Sementara DPRD mempunyai tugas untuk memimpin rapat, memfasilitasii dan mengesahkan fraksi, juga memfasilitsai penyusunan tata tertib dan memproses penetapan Pimpinan DPRD Definitif.

"Tapi dalam surat yang kami terima ada tahapan yang dilewati, yakni menyusun Tata Tertib. Ini langsung ke Pengumuman calon Pimpinan DPRD," ujarnya.

Dengan alasan tersebut kata Tri, maka hasil keputusan paripurna berpotensi cacat secara hukum jika melewati satu tahapan yang sudah diatur dalam regulasi. "Makanya kami melayangkan surat balasan untuk meminta kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Bandung sementara agar menunda rapat Paripurna hari ini. Pimpinan DPRD harus memakai mekanisme yang berlaku, tidak boleh ada yang dilewati," tutupnya.

AYO BACA : Sah! 55 Anggota DPRD Kabupaten Bandung Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers