web analytics
  

Kemarau, Situ Ciburuy Menyusut Jadi 1 Meter

Senin, 9 September 2019 18:53 WIB
Umum - Regional, Kemarau, Situ Ciburuy Menyusut Jadi 1 Meter, Kemarau, Situ Ciburuy, Menyusut, wisata di kbb, bandung barat,

Debit air di Situ Ciburuy, Padalarang mengalami penurunan saat musim kemarau hingga satu meter. Sebagian warga memanfaatkan surutnya air dengan menanam padi di lahan yang berada di Situ Ciburuy, Senin (9/9). (Republika/M Fauzi Ridwan)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM—Objek wisata Situ Ciburuy di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, semakin tersisihkan oleh objek wisata lainnya seperti yang berada di Lembang. Terlebih penataan destinasi yang ada saat ini cenderung tidak tertata dan jauh dari kesan destinasi unggulan Bandung Barat.

Berdasarkan pantauan, wajah depan Situ Ciburuy tertutupi oleh pool bus Damri yang sudah ada sejak 1992. Akibatnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui situ bisa dilewati.

Saat memasuki kawasan situ, terdapat belasan warung makan yang menutupi Situ Ciburuy. Wisatawan yang datang tidak bisa langsung melihat pemandangan Situ. Mereka harus terlebih dahulu masuk ke tempat-tempat makan atau menyelinap ke jalan yang disediakan menuju tempat penyewaan perahu.

AYO BACA : Genjot Wisatawan, Pemprov Jabar Bakal Percantik Situ Ciburuy

Situ Ciburuy berada tidak jauh dari permukiman warga, mengelilingi pinggiran Situ menggunakan motor. Tampak berbagai bangunan permanen seperti warung, garasi, dan tempat rongsokan yang berada di bibir Situ. 

Akibat musim kemarau yang berlangsung sejak beberapa bulan terakhir membuat debit air Situ Ciburuy menurun hingga kini hanya 1 meter. Selain warga yang mencari ikan, beberapa pengendara motor bisa masuk ke dalam Situ.

"Air surut empat bulan lebih sekarang satu meter. Akibatnya dasar situ bermunculan," ujarnya saat ditemui di Situ Ciburuy, Senin (9/9/2019). 

AYO BACA : Anggaran Penataan Situ Ciburuy Capai Rp30 Miliar

Dengan kondisi seperti itu, katanya, ia bisa tidak memperoleh penghasilan. Sebab, tidak ada yang ingin menggunakan perahu. 

Dalam kondisi normal, saat air tidak menyusut, penghasilannya dari menyewakan perahu bisa mencapai Rp150.000. Namun, saat ini berbeda drastis akibat musim kemarau.

Dirinya mengungkapkan, yang lebih memprihatinkan saat Situ Ciburuy surut banyak warga yang bermain di dalam situ termasuk menggunakan motor. Akibatnya, pemandangan Situ Ciburuy menjadi kurang bagus dan rusak. 

Lebih dari itu, katanya, bantaran Situ Ciburuy banyak dibangun bangunan permanen yang digunakan untuk garasi dan tempat menyimpan barang rongsokan. Akibatnya pemandangan Situ Ciburuy menjadi kurang bagus. 

Salah seorang warga, Keke mengungkapkan tiap tahun Situ Ciburuy saat kemarau selalu surut. Sehingga masyarakat memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami padi. 

"Tiap kemarau suka dipakai lahannya untuk menanam," katanya.

AYO BACA : Melepas Lelah di Jalur Padalarang-Cianjur, Yuk Bermain Perahu Dulu di Situ Ciburuy

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers