web analytics
  
Banner Kemerdekaan

29 Wali Kota Minta Pemindahan Ibu Kota Dikaji Secara Matang

Senin, 9 September 2019 15:13 WIB Husnul Khatimah

29 Walikota berkumpul di Bogor. (ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak 29 wali kota dari berbagai daerah di tanah air berkumpul dalam forum Mayor Caucus 2019 di Balai Kota Bogor, Senin (9/9/2019).

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan para wali kota berkumpul membahas sejumlah hal berkaitan dengan pembangunan perkotaan. Selain itu mereka juga membahas soal isu pemindahan ibu kota negara.

AYO BACA : Moeldoko Berharap Mobil Listrik Bisa Dipakai di Ibu Kota Baru

"Kami juga menyentuh isu yang jadi perhatian besar yaitu rencana pemindahan ibukota negara ke Kalimantan, kami memahami bahwa gagasan tersebut  harus didukung namun ada beberapa catatan," ujar Bima.

Dia mengatakan salah satu hal yang menjadi catatan para wali kota adalah menyarankan agar pengkajian pemindahan ibu kota dilakukan secara matang.

AYO BACA : atan dan Lapan Tunggu Arahan Presiden Soal Pindah Ibu Kota

"Mengapa ini perlu kajian yang matang sebelum dieksekusi, karena ini adalah suatu model yang kalau berjalan baik bisa menjadi best practice tapi kalau berjalan tidak lancar bisa sebaliknya karena itu para walikota sepakat untuk mencermati proses perencanaan pelaksanaan pemindahan ibukota ini agar seluruh aspek bisa dijalankan dengan baik," ungkap Bima.

Dia mengatakan dalam diskusi Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyampaikan agar wilayah satelit baru ibukota juga menjadi fokus perhatian saat ibukota mulai dibangun khususnya soal dampak apa yang akan didapat para daerah satelit.

Senada dengan Bima, Rizal mengatakan daerah satelit perlu jadi fokus perhatian karena pihaknya menyadari belum berpengalaman menjadi penyangga ibukota.

"Pemerintah pusat kalau nanti merencanakan wilayah ibukota itu di Kalimantan Timur, fokus sebaiknya tidak saja di wilayah yang kotanya akan dijadikan ibukota tapi juga daerah yang dijadikan penyangganya karena kami belum punya pengalaman jadi penyanga ibukota, jangan sampai kami hanya jadi penonton jika nanti ibukota dibangun," kata Rizal.

AYO BACA : Tolak Pemindahan Ibu Kota, Massa Gelar Aksi Tutup Mulut di Bogor

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers