web analytics
  

Sepuluh Tahun Hengkang, Once Kembali Manggung dengan Dewa 19

Kamis, 5 September 2019 11:51 WIB Istihanah Soejoethi

Dewa 19 bersama Once Mekel. (@oncemekelofficial/Instagram)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah 10 tahun hengkang, Once Mekel siap tampil kembali dengan band yang membesarkan namanya, Dewa 19. Keduanya akan berkolaborasi lewat konser ”The Best of DEWA 19 with Once Mekel". 

Konser yang diadakan oleh CMA Entertainment ini rencananya akan di selenggarakan di The Kasablanka Hall - Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada Jumat 4 Oktober mendatang.

Tak hanya Once Mekel, mantan personel Dewa 19 lainnya, Tyo Nugros, Second Born, dan anak bungsu pentolan Dewa 19 Dhani Ahmad, Dul Jaelani, juga akan meramaikan konser ini. 

AYO BACA : Konser SF9 di Indonesia, Singapura, dan Malaysia Resmi Dibatalkan

Dewa 19 merupakan band yang dibentuk oleh Dhani Ahmad Prasetyo pada 1986 di Surabaya. Band ini juga terkenal memiliki banyak lagu hits yang tak lekang oleh waktu. 

Nama Dewa merupakan akronim dari Dhani Ahmad Prasetyo (Keyboard, Vokal), Erwin Prasetya (Bass), Wawan Juniarso (Drum), dan Andra Ramadhan (Gitar). Setelah mengalami beberapa perubahan personil dan warna musik mulai dari pop, jazz, hingga rock, akhirnya Dewa menemukan Ari Lasso dan mengubah namanya menjadi Dewa 19. Angka 19 ditambahkan karena kala itu rata-rata anggota personilnya berumur 19 tahun.

Grup ini telah meraih kesuksesan sepanjang dekade 1990-an dengan lead vokal Ari Lasso dan dekade 2000-an dengan lead vokal Once Mekel. Album yang mereka rilis nyaris selalu mendapat sambutan yang bagus dan positif di pasaran.

AYO BACA : Tak Ada Uki di Project X Noah, Ini Kata Ariel

Bahkan album DEWA yang dirilis pada 2000, ‘Bintang Lima’ merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan hampir 2 juta keping di Indonesia. Formasi Dewa 19 terakhir adalah Ahmad Dhani, Yuke Sampurna, Andra Junaidi, Once Mekel, dan Agung Yudha.

Sepanjang perjalanan kariernya, Dewa 19 telah menerima banyak penghargaan, mulai dari BASF Awards hingga AMI Awards. Dewa juga pernah meraih penghargaan LibForAll Award di Amerika Serikat atas dedikasi dan kontribusi mereka pada upaya perdamaian dan toleransi  beragama. 

Pada 2008, DEWA 19 masuk ke dalam daftar "The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa" oleh majalah “Rolling Stone”. Dewa diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer di Indonesia dan Ahmad Dhani juga menjadi salah satu artis dalam daftar tersebut. 

Sementara itu, Andra Ramadhan berada dalam daftar "50 Gitaris Indonesia Terbaik Sepanjang Masa", sedangkan Ari Lasso dan Once Mekel masuk ke dalam "50 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa". Pada 2011 ‘DEWA 19’ resmi dinyatakan bubar setelah berdiri selama 25 tahun. Walaupun demikian aksi panggung DEWA 19 masih selalu dinanti oleh para penggemarnya di Indonesia. 

CMA Entertainment selaku penyelenggara ingin membawa kembali masa kejayaan dan kesuksesan DEWA 19 pada fase 2000-an. Tahun ini menjadi tahun yang pas untuk menghadirkan “The Best of Dewa 19 with Once Mekel.” Semua lagu-lagu hits DEWA 19 akan dibawakan dengan lead vokal Once Mekel yang tentunya sudah lama dinanti oleh para Baladewa di Indonesia. 

AYO BACA : Noah dan Yovie and His Friends Tampil di Konser 'Project X'

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers