web analytics
  

Perkuat Jabatan Kim Jong-un, Korut Ubah Konstitusi

Jumat, 30 Agustus 2019 14:20 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Internasional, Perkuat Jabatan Kim Jong-un, Korut Ubah Konstitusi, Perkuat, Jabatan, Kim Jong-un, Korut, korea utara, Konstitusi,

Kim Jong. (REUTERS/Stringer)

SEOUL, AYOBANDUNG.COM—Parlemen Korea Utara menyetujui amendemen untuk memperkuat peran Pemimpin Kim Jong Un sebagai kepala negara. Hal itu disampaika  media pemerintah, Kamis (29/8/2019).

AYO BACA : Hubungan Kata Idiot dengan Donald Trump

Langkah tersebut muncul setelah Kim secara resmi ditunjuk sebagai kepala negara sekaligus panglima militer dalam konstitusi baru pada Juli. Menurut analis, hal ini dilakukan kemungkinan untuk mempersiapkan perjanjian damai dengan AS.

AYO BACA : Kim Jong-un Palsu Diusir dari Vietnam

Korut telah lama menyerukan perjanjian damai dengan AS untuk memulihkan hubungan dan juga mengakhiri situasi teknis perang yang sudah ada sejak Perang Korea 1950-1953, yang berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai.

Status hukum Kim sebagai "perwakilan negara kami telah dikonsolidasikan lebih lanjut guna memastikan arahan monolitik Pemimpin Tertinggi atas semua urusan negara," demikian Kantor Berita KCNA, yang mengutip presiden presidium majelis rakyat tertinggi, Choe Ryong Hae.

Konstitusi baru menyatakan Kim, sebagai pimpinan Komisi Urusan Negara (SAC), lembaga tinggi pemerintah yang dibentuk pada 2016, yang merupakan perwakilan tertinggi seluruh rakyat Korea, serta "panglima". Konstitusi sebelumnya hanya menyebut Kim "pemimpin tertinggi" yang menginstruksikan "seluruh pasukan militer" negara tersebut.

AYO BACA : Kim Jong-un Ceburkan Pejabatnya ke Tangki Penuh Piranha

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers