web analytics
  

Cimahi Pinjam Rp600 Miliar, Bebani APBD 20 Tahun?

Kamis, 29 Agustus 2019 21:04 WIB Tri Junari

Logo Pemerintah Kota Cimahi. (Istimewa)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Rencana Pemerintah Kota Cimahi mengajukan pinjaman Rp600 miliar untuk pengembangan RSUD Cibabat diperkirakan membebani APBD selama 20 tahun. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi Achmad Nuryana menilai, jika pembayaran dilakukan selama 20 tahun, hal itu tidak akan terlalu memberatkan keuangan daerah.

"Dilihat dari jangka pembayaran cicilan kalau 20 tahun nggak memberatkan (APBD)," kata Achmad saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (29/8/2019). 

AYO BACA : Solidaritas untuk Ipda Erwin, Anggota Polres Cimahi Sematkan Pita Hitam

Ia menjelaskan, skema pembayaran pinjaman daerah itu hingga saat ini masih dalam pembahasan. Sebab, nantinya akan ada analisa keuangan Pemkot Cimahi dan RSUD Cibabat. Analisa penilaian kemampuan keuangan itu akan dilakukan oleh pemerintah pusat. 

"Itu kan nanti ada feasibility study baik segi teknis lapangan maupun kemampuan keuangan daerah. Mampu nggak bayar cicilan sesuai kemampuan keuangan. Nanti dinilai pusat," jelas Achmad. 

Dikatakannya, rencana pinjaman daerah itu saat ini memang belum masuk Kerangka Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020 yang sudah dibulatkan. Rencana itu masih mendapat penolakan dari DPRD Kota Cimahi. 

AYO BACA : UPTD Pemadam Kebakaran KBB Layak jadi Dinas

Sebab, rencana pinjaman belum tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi. Dalam dokumen perencanaan pembangunan lima tahun itu hanya memuat seputar pengembangan RSUD Cibabat. 

"Pengembangan rumah sakit sudah tertuang hanya saja klausal pinjamannya nggak ada. Saat pembahasan KUA-PPAS itu sudah kita (sampaikan) hanya saja memang ada hal-hal yang harus kita perbaiki, harus dilengkapi," bebernya. 

Meski tidak masuk dalam pembulatan KUA-PPAS, secara tersirat Achmad berharap rencana pinjaman itu masuk dalam APBD 2020. Sebab menurutnya, peningkatan pelayanan RSUD Cibabat sangat penting dilakukan. Salah satunya dengan pengembangan sarana dan prasarana. 

"Kita ikuti saja mekanisme yang ada," ucapnya. 

AYO BACA : Dewan Tak Merasa Dukung Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers