web analytics
  

Antara Pemain Muda, Timnas, dan Dilema Persib Bangun Kepaduan Tim

Senin, 26 Agustus 2019 15:20 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil/ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Sepulangnya dari Timnas Indonesia U-18, pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha berhasil tampil impresif saat Maung Bandung dijamu Perseru Bandar Lampung FC di Stadion Sumpah Pemuda, Minggu (25/8/2019).  

Meski memulai laga dari bangku cadangan di menit 58, pemain yang karib disapa Etam itu justru mempunyai dua peluang emas yang hampir saja berbuah gol. Sayangnya, penampilan Beckham belum bisa membawa Maung Bandung meraih kemenangan. Lantaran dalam laga malam itu, Maung Bandung harus rela ditahan imbang Badak Lampung dengan skor akhir 1-1.

"Senang bisa melihat Beckham kembali bermain sekitar setengah jam. Tapi karena dia banyak dipanggil timnas jadi belum terlalu padu dengan tim," ungkap Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts di Bandara Husein Sastranegara, Senin (26/8/2019).

AYO BACA : Persib Ingin Tampil dengan 4 Wajah Baru Kontra PSS Sleman

Meski baru kembali bergabung bersama skuat Maung Bandung di lapangan hijau, pelatih asal Belanda itu menilai tak ada perubahan dari karakter bermain Beckham sebelum dan sepulangnya dari Timnas. Robert menilai, gelandang berusia 17 tahun itu selalu bermain positif bahkan sebelum dipanggil Timnas U-18. 

"Dia sama saja, tidak ada perbedaan dari Beckham sebelum dia pergi (ke timnas) atau ketika dia kembali. Beckham juga datang dengan sikap yang positif saat kembali ke tim. Dia bermain dengan mindset yang positif sepeti yang kalian bisa lihat kemarin," lanjut Robert.

Justru, Robert mengaku merasa terganggu dengan pemanggilan sejumlah anak asuhnya oleh Timnas Indonesia. Pasalnya, hal tersebut kata Robert kerap mengganggu tim yang hendak membangun kepaduan dengan baik.

AYO BACA : Robert Alberts Akui Ada Hal Aneh Saat Persib Dijamu Badak Lampung

Diketahui selain Beckham yang dipanggil Timnas U-18, beberapa penggawa muda Maung Bandung yang dipanggil Timnas yakni Febri Haryadi bergabung Timnas Senior dan Gian Zola yang bergabung dengan Timnas U-22.

"Tapi kita tahu, Dia (Beckham) akan kembali ke timnas dalam waktu dekat. Seperti yang selalu saya katakan kami tidak bisa membangun tim dengan baik karena timnas selalu boleh memanggil pemain dengan alasan apapun dan bahkan melanggar aturan FIFA tapi klub harus menerima itu," kata Robert.

Namun pelatih asal Belanda itu mengaku tak bisa berbuat banyak dengan kondisi yang terjadi. Robert hanya berharap, para pemain yang dipanggil bisa meningkatkan skill bermain di timnas dan membawa hal positif saat kembali bergabung dengan klub.

"Kami tidak bisa berbuat apapun. Tapi untuk perkembangan Beckham untuk Persib, dia bisa bermain secara reguler setiap saat," ujarnya.

AYO BACA : Luapan Kekecewaan Robert Alberts usai Persib Seri Lawan Badak Lampung

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers