web analytics
  

6 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Kiara Artha Park Bandung

Jumat, 23 Agustus 2019 11:46 WIB Nur Khansa Ranawati

Sejumlah warga menaiki fasilitas trem di Kiara Artha Park, Jumat (23/8/2019). Bus ini beroperasi mengelilingi area Taman Asia Afrika. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM—Kiara Artha Park Bandung kini sudah dapat diakses warga. Meski belum diresmikan secara formal, sejak 17 Agustus 2019, banyak warga yang mendatangi tempat ini.

Jika Anda belum berkunjung, simak enam hal yang dapat Anda lakukan di Kiara Artha Park:
1. Mengunjungi Monumen KAA

Taman ini kerap disebut Taman Asia Afrika. Alasannya, di salah satu bagian taman ini terdapat monumen para petinggi negara yang hadir dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955.

Selain itu, terdapat sejumlah tiang bendera yang merepresentasikan kehadiran negara-negra tersebut, sebagaimana yang dapat dijumpai di Jalan Asia Afrika Bandung.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, Jumat (23/8/2019), area taman ini merupakan salah satu titik yang paling ramai dikunjungi warga. Termasuk para pelajar bersama rombongan sekolahnya untuk mempelajari KAA dengan cara yang lebih menyenangkan.

2. Bersantai dan berfoto

Hal yang dapat Anda lakukan di taman publik adalah bersantai dan berfoto ria. Apalagi terdapat cukup banyak area duduk-duduk di taman ini. Namun, cuaca saat siang masih cukup terik karena pohon yang ada belum cukup tumbuh tinggi.

AYO BACA : Ayo Intip Keseruan di Kiara Artha Park Bandung

Anda juga dapat bersantai di area kafe, yang saat ini baru terdapat di area Kampung Korea.

Untuk berfoto-foto, tak perlu ditanya. Sangat banyak area instagramable yang terdapat di Kiara Artha Park; mulai dari area danau Taman KAA yang romantis, area Kampung Korea yang cerah dengan bunga-buga merah mudanya, hingga di area parkir kosong untuk kesan foto yang lebih tegang.

3. Joging dan bersepeda

Karena areanya luas, Anda bisa joging pagi dan sore mengelilingi area taman. Hal serupa juga berlaku bagi para pesepeda. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati dengan lalu-lalang kendaraan yang mencari parkir di jam-jam ramai kunjungan.

4. Mencoba Trem

Salah satu fasilitas yang banyak diminati warga di Kiara Artha Park ini adalah fasilitas trem dengan nuansa vintage, serupa Bus Bandros Kota Bandung. Bus ini beroperasi mengelilingi area Taman Asia Afrika.

Anda yang penasaran mencoba dapat bergantian naik di bagian luar Taman Asia Afrika. Sejauh ini, ada dua trem berwarna hijau dan merah yang beroperasi bergantian hingga malam.

AYO BACA : Lembang Wonderland Tawarkan Wisata Negeri Fantasi

5. Mampir di Kampung Korea

Area Kampung Korea berada di seberang area Taman Asia Afrika. Anda yang hanya berminat mampir ke tempat ini bisa langsung memarkirkan kendaraan di lahan parkir depan pintu masuk Kampung Korea. Bangunan tradisional khas Korea menyambut siapa saja yang hendak melangkahkan kaki ke tempat ini.

Di dalamnya, terdapat area memajang dengan suasana yang didekorasi semirip mungkin dengan perkampungan tradisional Korea. Deretan tempat duduk dan area makan menjadi hal yang dominan di tempat ini.

Selain banyak menghadirkan makanan, minuman, dan camilan ala Korea, Anda tetap dapat menemukan makanan biasa di sini. Sejumlah stan yang menjual berbagai pernak-pernik Korea dan K-Pop juga hadir di area ini.

6. Menikmati Dancing Fountain

Bila Anda akan mengunjungi taman ini saat malam, jangan khawatir tempat ini menjadi sepi. Pasalnya, ada atraksi menarik yang dihadirkan, yakni “air mancur menari” dengan nyala lampu warna-warni atau dancing fountain.

Atraksi ini berlangsung di area danau Taman Asia Afrika. Pengunjung dapat menikmati dancing fountain sembari nongkrong di area tangga taman yang cukup luas.

Berdasarkan keterangan yang tertera di akun Instagram resmi Kiara Artha Park, dancing fountain ini dapat Anda nikmati setiap Senin hingga Jumat pukul 18.30 WIB dan 19.30 WIB serta Sabtu dan Minggu pada pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB, dan pukul 20.30 WIB.

AYO BACA : Gedung Sate Akan Jadi Lokasi Wisata Sejarah dan Budaya

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers