web analytics
  

Jemaah Haji Meninggal di Makkah, MUI Jabar: Masuk Kategori Mati Syahid

Rabu, 21 Agustus 2019 19:02 WIB Faqih Rohman Syafei

Ilustrasi--Umat muslim berdoa saat melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Sabtu (10/8/2019). (ANTARA FOTO/Hanni Sofia)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Jemaah haji yang meninggal dunia di Tanah Suci, saat beribadah, dapat dikategorikan mati syahid.

"Jemaah yang meninggal di Tanah Suci bisa masuk kategori syahid kalau sedang melaksanakan ibadah, namanya syahid dunia," ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat Rachmat Syafei saat ditemui Ayobandung.com, Rabu (21/8/2019).

AYO BACA : Jemaah Haji Asal Jabar yang Wafat Akan Dimakamkan di Arab Saudi

Rachmat menjelaskan, syahid yang dimaksud bukan dalam artian sedang berperang, tetapi sedang melaksanakan ibadah haji sehingga mempunyai nilai tersendiri. Walaupun sebenarnya dalam fiqih tidak ada istilah syahid dunia maupun syahid akhirat.

"Kalau sedang ibadah syahid tapi kalau lagi di asrama atau pondokan atau belum berpakaian ihrom meninggal biasa saja tidak dikategorikan syahid," katanya. 

AYO BACA : Jemaah Haji Meninggal Asal Jabar Bertambah Satu Orang

Menurutnya, jemaah yang dapat dikategorikan mati syahid seperti meninggalnya sejumlah jemaah haji pada tragedi Terowongan Mina. Ketika itu, jemaah haji meninggal karena terinjak-injak.

"Itu mati syahid karena dia sedang berjuang melaksanakan ibadah yang begitu berat. Syahid yang asalnya itu karena perang dan mempertahankan agama atau membela kebenaran," terangnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris II PPIH Dekarkasi Jakarta-Bekasi Jajang Apipudin menyebutkan, jemaah asal Jawa Barat yang meninggal dunia di Tanah Suci hingga kini sebanyak 47 orang. Jemaah yang meninggal dunia rata-rata disebabkan karena faktor kesehatan atau sakit.

"Meninggal dunia setelah prosesi di Arafah. Diduga karena capek atau lelah dari Arafah ke Muzdalifah ke Mina bergerak terus," katanya. 

Dia menambahkan, jenazah para jemaah akan dimakamkan di dua lokasi yang berbeda yakni di Jannatul Baqi, Madinah, dan pemakaman Sharaya, Makkah.

AYO BACA : 46 Jemaah Haji Jabar Meninggal, Terbanyak dari Kabupaten Bogor

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers