web analytics
  

Smart SIM: Lisensi Mengemudi dan e-Money dalam Satu Kartu

Selasa, 20 Agustus 2019 15:34 WIB Fira Nursyabani
Umum - Nasional, Smart SIM: Lisensi Mengemudi dan e-Money dalam Satu Kartu, Smart SIM, kakorlantas Polri, e-money, uang elektronik

Konferensi pers rencana peresmian Kantor Satpas SIM Kabupaten Bekasi. Dari kiri ke kanan: Kanit Regiden Satlantas Polres Metro Bekasi, AKP Bobby Danuardi, Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, AKP Sunardi, Koordinator Konsultan Satpas Prototipe Indonesia, Tino Kawilarang. (ANTARA News/Pradita Kurniawan Syah)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Korps Lalu Lintas Kepolisian RI dijadwalkan akan melakukan soft launching Smart SIM di kantor baru pelayanan Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas), Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat pada Kamis (22/8/2019) mendatang.

AYO BACA : Menunggu Jokowi Menunaikan Janji Kartu Pra Kerja

Koordinator Konsultan Satpas Prototipe dan FIFO Korlantas RI, Tino Kawilarang mengatakan Smart SIM memiliki fungsi yang berbeda dengan SIM pada umumnya.

AYO BACA : Buat Kartu Identitas Anak Instan di Anjungan Disdukcapil Kota Bandung

"Smart SIM fungsinya berbeda, fungsinya sama dengan e-money jadi bisa diinject uang (saldo), sehingga ini jadi terobosan yang dilakukan korlantas kepada masyarakat. Animonya sangat besar dan kita lagi uji coba," kata Tino di Cikarang, Selasa (20/8/2019).

Dalam kesempatan uji coba Smart SIM ini pihaknya mengaku telah bekerja sama dengan sejumlah bank. "Kita bekerja sama dengan empat bank, ada BRI, BNI, Mandiri dan bank swasta. Ini masih tahap soft launching karena baru tiga bank ya," katanya.

Tino menyebut Smart SIM juga berfungsi sebagai alat pembayaran bahkan telah diuji coba dan dapat diterapkan untuk pembayaran MRT dan tol. "Smart SIM sama dengan e-money. Bedanya kalau e-money kita lupa ah gampang kita cari lagi di Indomaret atau Alfamart kita beli lagi, tapi dengan adanya di SIM itu, maka itu akan dijaga, tujuannya sebagai alat pembayaran, termasuk ke depannya nanti digunakan untuk e-tilang," ujar dia.

Saldo Smart SIM dapat diisi maksimal Rp2 juta dan rencananya akan diluncurkan secara resmi pada September 2019 mendatang. Tino juga masih merahasiakan tampilan fisik Smart SIM. "Secara tampilan (antara SIM biasa dengan smart SIM) berbeda, besok bisa dilihat tanggal 22," kata Tino.

AYO BACA : Kominfo Larang Sementara Penjualan SIM Card Zain Asal Arab Saudi

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers