web analytics
  

Bendera Merah Putih Sepanjang 74 Meter Dibentangkan di Alun-alun Ujung Berung

Sabtu, 17 Agustus 2019 14:17 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Bandung, Bendera Merah Putih Sepanjang 74 Meter Dibentangkan di Alun-alun Ujung Berung, Bendera Merah Putih, 74 Meter, Alun-alun Ujung Berung

Bendera merah putih sepanjang 74 Meter diarak warga di Alun-alun Ujung Berung, Sabtu (17/8/2019). (Deden Sukmaya)

UJUNG BERUNG, AYOBANDUNG.COM -- Bendera merah putih sepanjang 74 meter membentang di Alun-alun Ujung Berung, Kota Bandung. Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2019).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Camat Ujung Berung, Yanti Sisumyati. Dia mengatakan panjang bendera tersebut disesuaikan dengan usia Indonesia merdeka.

"Jadi panjang bendera itu 74 meter karena sekarang HUT ke-74 RI," ujarnya kepada ayobandung.com di Kantor Kecamatan Ujung Berung, Sabtu (17/8/2019).

Dia mengatakan aksi membentangkan bendera ini rutin dilakukan dalam tiga tahun terakhir. Dikatakannya, setiap tahunnya panjang bendera merah putih bertambah sekitar satu meter. 

"Tiap tahun berlangsung, ini sudah ketiga kalinya. Kalau tahun depan jadi 75 meter," katanya. 

Yanti menjelaskan bendera sepanjang 74 meter diarak bersama 74 buah bendera berukuran biasa oleh ratusan murid sekolah diringi marching band. Rute yang dilalui sepanjang satu kilometer dari depan SPBU Ujung Berung menuju Alun-alun Ujung Berung.

"Diarak oleh 148 murid mengarak bendera yang panjang dan 74 murid membawa bendera ukuran normal. Selama upacara, bendera itu dibentangkan di Alun-alun Ujung Berung," jelasnya.

Yanti menjelaskan ide pembuatan bendera itu berasal dari seorang warga asal Kelurahan Cigending, Kecamatan Ujung. Bendera sepanjang 74 meter itu dikerjakan selama dua hari oleh satu orang.

Dia menambahkan selain aksi membentangkan bendera sepanjang 74 meter, pada sore nanti akan digelar kegiatan pentas seni dan budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 RI.

"Sore hari ada arak-arakan dari setiap kelurahan akan menampilkan kesenian dan budaya masing-masing, di antaranya calung, benjang dan upacara adat," pungkasnya.

Editor: Andres Fatubun
dewanpers