web analytics
  

Jadi Sarang Kuman, 9 Benda Ini Justru Jarang Dibersihkan

Rabu, 7 Agustus 2019 10:59 WIB Fira Nursyabani
Gaya Hidup - Sehat, Jadi Sarang Kuman, 9 Benda Ini Justru Jarang Dibersihkan, tips bersihkan barang, tips kesehatan, bersih-bersih

Ilustrasi penanak nasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski sudah membersihkan seluruh rumah, kadang kita luput untuk membersihkan beberapa barang. Berikut barang-barang yang selalu jadi sarang kuman, tetapi sangat jarang dibersihkan, dilansir dari Channel News Asia, Rabu (7/8/2019).

1. Penanak nasi

Pastikan Anda mencuci penanak nasi setiap selesai memakainya. Cuci atau lap semua komponennya, mulai dari tempat beras hingga bagian luar.

2. Talenan

Bersihkan talenan plastik setiap selesai dipakai untuk menghilangkan bakteri. Gosok dengan sabun di bawah air mengalir. Jika talenan terbuat dari kayu, semprotkan cairan berisi campuran 25 persen cuka dan 75 persen air. Anda juga bisa membuat pasta kental dari air dan garam, gosok ke talenan, diamkan semalaman lalu bersihkan pada pagi hari.

3. Microwave

AYO BACA : 4 Cara untuk Menjaga Kebersihan Mulut Bayi

Partikel-partikel makanan bisa membuat mesin microvawe terlalu panas dan berujung pada kerusakan. Panaskan semangkuk air selama lima menit dalam panas tinggi, uapnya akan membuat sisa makanan yang menempel jadi mudah dibersihkan dengan tisu kering. Bersihkan microvawe Anda seminggu sekali.

4. Sofa

Sedot debu di sofa setiap dua pekan dan balik juga alas duduknya pada saat yang sama. Bersihkan kotoran yang terlihat. Panggil jasa pembersih sofa untuk pembersihan secara menyeluruh setiap setahun sekali.

5. Sikat WC

Jika memungkinkan, semprot sikat WC dengan cairan disinfektan, lalu diamkan selama lima menit dan bersihkan dengan air panas, lalu keringkan.

6. Mesin pembuat kopi

AYO BACA : Alat Penjernih Air Sederhana untuk Krisis Air Bersih

Jika tidak dibersihkan rutin, mungkin Anda selama ini meminum kopi dengan bonus banyak bakteri. Bersihkan tadah dan tempat filter kopi atau tempat kapsul kopi dengan campuran cuka-air 1:1 demi mencegah pertumbuhan bakteri. Mesin ini bisa dibersihkan sebulan sekali.

7. Penyedot debu

Jika penyedot debu Anda punya filter yang bisa dicuci, cuci dengan air hangat dan keringkatn setidaknya 24 jam sebelum memasukkannya lagi ke dalam penyedot debu. Jangan lupa bersihkan penyedot debu minimal sebulan sekali

8. Pendingin udara

Copot filter dari bagian depan dan bersihkan dengan air sabun, lalu gosok pelan-pelan, agar udara bisa mengalir lancar.

9. Bantal

Cuci bantal dengan mesin dan keringkan sebelum memakainya lagi. Pakai sarung bantal untuk melindunginya dari tungau debu dan air liur. Proses pencucian bisa dilakukan setidaknya setahun sekali.
 

AYO BACA : 4 Manfaat Koran Bekas

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers