web analytics
  

Tangkuban Parahu Masih Ditutup, Saatnya Kunjungi Kawah Putih

Sabtu, 3 Agustus 2019 10:13 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu masih ditutup hingga Sabtu (3/82019) pagi karena aktivitas yang meningkat sejak Kamis (1/8/2019) malam. 

Akibatnya obyek wisata andalan Jawa Barat tersebut untuk sementara tidak bisa dikunjungi wisatawan. 

Namun bagi pelancong lura kota yang sudah terlanjur di Bandung dan tidak bisa ke Tangkuban Parahu, bisa mengalihkan tujuannya ke Kawah Putih di Bandung selatan.

Kawah Putih merupakan wisata alam yang ada di daerah Ciwidey.

Tempat wisata yang sudah esksi sejak tahun 1987 menyimpan pesona dan keeksotisannya. Pasalnya Kawah Putih memiliki daya tarik yang seolah tak henti menyihir banyak turis lokal hingga mancanegara untuk mengunjunginya.

Lokasi wisata ini sudah begitu akrab di telinga pelancong. Terbukti sampai sekarang objek wisata Kawah Putih masih jadi primadona. Terutama saat musim liburan seperti liburan sekolah atau liburan tahun baru. 

Obyek wisata yang terletak di Selatan Bandung ini pun cukup mudah dicapai dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Sesuai namanya, Kawah Putih memang memiliki tanah berwarna putih pencampuran unsur belerang akibat dari letusan Gunung Patuha pada abad 10. Airnya berwarna putih kehijauan sungguh memanjakan mata. Namun warna airnya dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kadar belerang, cuaca dan suhu.

Banyak kegiatan bisa para pengunjung lakukan di sini, mulai dari mendaki, berkuda hingga berfoto. 

Namun kebanyakan pengunjung datang untuk berswafoto, baik yang menggunakan kamera smartphone biasa sampai kamera profesional. Kawah Putih juga menjadi lokasi favorit untuk pembuatan foto preweeding karena keindahan panoramanya.

Di area kawah, pengunjung bisa melewati dermaga apung sepanjang 50 meter sambil menikmati pemandangan sekitar kawah yang indah yang dikelilingi hutan Cantigi. 

Selain menjadi tempat berswafoto dan prewedding, kawasan ini sering digunakan sebagai lokasi trekking, pengambilan gambar film, kegiatan melukis, dan berkuda.

Kawah Putih berada di ketinggian 2400 mdpl, dengan suasana sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari. Pelancong dapat mengunjungi kawasan ini dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tiketnya dapat ditebus Rp15.000 untuk turis domestik dan Rp50.000 untuk turis mancanegara.

Tapi ingat, bawa jaket yang tebal ya! Suhu di kawasan ini berkisar dari 8 sampai 22 derajat celcius. Gunakan masker dan jangan berlama-lama di sekitat kawah karena bau belerang yang cukup tajam.  

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers