web analytics
  

Mulai Kamis 1 Agustus, Tangkuban Parahu Dibuka Bersyarat

Selasa, 30 Juli 2019 17:20 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Mulai Kamis 1 Agustus, Tangkuban Parahu Dibuka Bersyarat

Gunung Tangkuban Parahu. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)\

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pascaerupsi, Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu akan mulai kembali dibuka untuk umum pada Kamis (1/8/2019). Namun, pihak pengelola terlebih dahulu harus dapat memenuhi sejumlah persyaratan, salah satunya soal kebersihan, fasilitas parkir, dan perbaikan evakuasi.

Hal tersebut disepakati dalam rapat koordinasi soal Tangkubanparahu di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (30/7/2019). Rapat ini dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Subang Ruhimat, pihak Perhutani, PVMBG, dan Direktur PT GRPP Putra Kaban.

AYO BACA : Emil: Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu Bisa Dibuka 1-2 Hari Lagi

"Intinya Kamis pagi bisa dibuka dengan syarat perbaikan sistem evakuasi harus diperlihatkan besok," ungkap Emil, sapaan karabnya, saat ditemui seusai rapat.

Selain itu, dirinya juga mengimbau pembentukan grup komunikasi via aplikasi pesan singkat antar stakeholder terkait agar informasi seputar keadaan Tangkuban Parahu dapat cepat diketahui.

AYO BACA : Ridwan Kamil Imbau Setop Sebar Info Invalid Erupsi Tangkuban Parahu

"Harus ada WA grup antara muspida, kepala desa, dan pengelola di radius lima kilometer. Sehingga, kalau ada apa-apa jangan sampai tidak tahu dan tahunya hanya dari yang viral di video," jelasnya.

"Kami juga minta pengelola buat brosur dalam satu minggu sop evakuasi, bisa diunduh masyarakat. Rute evakuasi berupa poster dan papan harus dibuat satu hari besok sehingga nanti bisa dilihat dari mana saja," tambahnya.

Sementara itu, Putra Kaban menyanggupi seluruh persyaratan tersebut dan mengatakan akan melaporkan hasil pembenahan tersebut esok hari.

"Ada beberapa persyaratan, bikin tanda itu sudah ada semua, syarat pembersihan besok kami bawa, dan sebenarnya sudah ada jalur evakuasi, tanda-tanda juga ada kami besok laporkan lagi untuk SOP di Tangkuban Parahu. Kami tidak akan main-main," jelasnya.

AYO BACA : Radius Aman Tangkuban Parahu Rekomendasi PVMBG Masih Berlaku

Editor: Ananda Muhammad Firdaus
dewanpers