web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Emil: Taman Wisata Alam Tangkuban Parahu Bisa Dibuka 1-2 Hari Lagi

Senin, 29 Juli 2019 16:57 WIB Faqih Rohman Syafei

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Senin (29/7/2019). (Faqih Rohman Syafei/ayobandung.com)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Senin (29/7/2019). Emil, sapaan akrabnya, menyebutkan Gunung Tangkuban Parahu bisa dibuka dalam beberapa hari ke depan.

"1-2 hari normal kembali Gunung Tangkuban Parahu bisa dikunjungi seperti sedia kali," ujarnya kepada awak media, Senin (29/7/2019).

AYO BACA : Masyarakat Masih Dilarang Dekati Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Emil mengatakan sebelum dibuka, area wisata dan kios-kios pedagang yang tertutup abu vulkanik sisa erupsi akan dibersihkan dahulu. Selain itu, dia meminta kepada pengelola untuk melengkapi sejumlah prosedur keselamatan. 

"Dibersihkan dulu area berjualan, dibuka dalam dua hari ini kami koordinasikan lagi. SOP evakuasi seperti tempat parkir harus menghadap ke jalan," katanya. 

AYO BACA : Abu Vulkanik Tangkuban Parahu Berpotensi Capai Cianjur

Dia menjelaskan, erupsi yang terjadi pada Jumat (26/7/2019) pekan lalu tidak mengeluarkan magma, tetapi uap air yang dibarengi abu vulkanik. Erupsi ini pun menurutnya mirip dengan erupsi yang terjadi pada 2013 lalu.

"Erupsi ini sifatnya lokal tidak menyebar hanya uap diatasnya dan menyusut cepat. Tidak terlalu lama cepat normal lagi hari ini sudah normal," terangnya.

Emil memastikan tempat wisata di Jawa Barat, khususnya Gunung Tangkuban Parahu, aman dikunjungi oleh wisatawan. Ia mengaku selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak untuk keamanan dan keselamatan wisatawan.

"Intinya wisatawan jangan khawatir. Tempat wisata di Jawa Barat aman terkendali, tetap dijaga saya kira pengunjung atau wisatawan sudah boleh datang dengan kesiapsiagaan dari pengelola," ungkapnya. 

AYO BACA : Indonesia Miliki 127 Gunung Api Aktif, 19 Berada di Pulau Jawa

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers