web analytics
  

Banyak Hewan Liar di Permukiman, Bupati Bandung Usul Kelinci dan Kambing Dilepasliarkan

Senin, 29 Juli 2019 12:39 WIB Mildan Abdalloh

Ilustrasi kelinci. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bandung Dadang M Naser meminta Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk melepasliarkan sejumlah hewan ke alam liar, seperti kelinci dan kambing. Hal tersebut disampaikan menyusul adanya kejadian hewan buas yang masuk ke permukiman warga. 

AYO BACA : FK3I Jabar Desak BBKSDA Jabar Serius Tangani Kasus Macan Tutul Tewas

Terakhir, seekor macan tutul ditemukan di dekat pemukiman warga di Kecamatan Pangalengan dalam keadaan mati. "Di alam bebas kita masih terdapat harimau dan macan tutul," tutur Dadang, Senin (29/7/2019).

AYO BACA : Petani Kopi Temukan Macan Tutul Tewas di Pangalengan

Dengan adanya hewan buas di sekitar pemukiman warga, kata Dadang, maka BBKSDA harus mencari tahu penyebab utamanya. Menurut dia, hewan buas turun ke permukiman karena ketersediaan makanan di alam bebas yang kurang.

"Macan itu makanan utamanya satwa di alam, bisa monyet, kijang atau lainnya. Apakah sudah berkurang (sehingga hewan buas turun ke pemukiman)?," ujarnya.

Ia menuturkan, jika penyebab utama hewan buas turun ke dekat pemukiman warga, maka stakeholder terkait harus memastikan ketersediaan makanan di alam liar. "Saya mohon dari BKSDA kalau disinyalir masih nanyak hewan buas, kirim makanan ke mereka. Kirim kambing, kirim kelinci," tutupnya.

AYO BACA : Walhi Desak BBKSDA Ambil Tindakan Lanjutan Soal Macan Tutul di Soreang

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers