web analytics
  

BPBD Garut Siap Terjunkan Tim ke Tangkuban Parahu

Senin, 29 Juli 2019 08:10 WIB Fira Nursyabani

Kondisi Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Parahu pascaerupsi, Minggu (28/7/2019). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut siap menerjunkan tim sukarelawan untuk penanggulangan bencana erupsi Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Harus siap, wajib berangkat untuk membantu," kata Kepala Pelaksana BPBD Garut Dadi Djakaria di Garut, Minggu (28/7/2019).

AYO BACA : Erupsi Gunung Tangkuban Parahu, Lembang Kehilangan 80% Wisatawan

Ia menuturkan, BPBD Garut juga ikut memantau perkembangan daerah yang dilanda bencana alam, salah satunya  erupsi Gunung Tangkuban Parahu di KBB yang masih dalam satu provinsi dengan Garut.

Bantuan yang biasa disiapkan untuk daerah lain, kata dia, adalah sukarelawan peduli bencana yang terlatih dan logistik peralatan. "Selama ini sebatas pengiriman relawan dan logistik peralatan," ujarnya.

AYO BACA : PVMBG: Larangan Aktivitas 500 Meter dari Kawah Tangkuban Parahu Belum Dicabut

Menurut dia, daerah yang terdampak bencana alam  membutuhkan banyak bantuan, di antaranya tenaga sukarelawan peduli bencana dan peralatan penunjang lainnya. BPBD Garut, lanjut dia, siap menolong yang didasari kepedulian terhadap sesama manusia.

"Kita menolong dengan didasari kemanusiaan," katanya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) pukul 15.48 WIB. Akibat dari erupsi itu, Taman Wisata Alam Tangkuban Perahu ditutup untuk wisatawan hingga 3 hari.

AYO BACA : Aa Umbara Minta Pengelola Tangkuban Parahu Bersihkan Debu Bekas Erupsi

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers