web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Cara Mengobati Kulit yang Terkena Sengatan Matahari

Minggu, 28 Juli 2019 19:47 WIB Adi Ginanjar Maulana

Ilustrasi.(Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Ketika keluar ruangan Anda tidak bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Panas terik pada saat ini bisa menyebabkan kulit Anda terbakar, salah satu cara mengobati sengatan matahari yaitu dengan minum obat penghilang rasa sakit, dan selalu menjaga kulit Anda agar tetap dingin. Atau lebih baik menjaga kulit jangan sampai terbakar dengan mengoleskan sunblock.

Sunburn adalah reaksi akut pada kulit akibat paparan radiasi UV yang berlebihan. Hal ini menyebabkan kerusakan langsung pada DNA yang mengakibatkan peradangan serius pada kulit dan enyebabkan kematian sel-sel kulit Anda. Berjemur pada pada siang hari mulai dari masa kanak-kanak atau remaja dapat berisiko terkena kanker kulit melanoma di kemudian hari, jadi sangat penting untuk menjaga kulit dan menghindarinya.

Jika kulit Anda terbakar matahari, segera lakukan tindakan dengan cepat dan menyembuhkan kulit dari paparan matahari. Tutupi area kulit yang terkena sengatan dengan cara menggunakan pakaian longgar yang berbahan dingin untuk memberi ruang kulit untuk bernapas dan usahakan untuk tetap berada di tempat teduh. Obat penghilang rasa sakit seperti 'ibuprofen' dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Pastikan Anda selalu mendinginkan kulit dengan cara mandi atau menyimpan handuk basah pada kulit Anda selama 15 menit. Pastikan suhu air sehangat kuku, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kemudian memiliki aliran air yang lembut; agar lepuh tidak berkembang ke kulit lain, maka mandi lebih efektif untuk menyembuhkan. Jangan menggosok kulit Anda dengan handuk, cukup di tepuk-tepuk hingga kulitnya kering. 

Setelah mandi, gunakan lotion yang tidak beraroma untuk menenangkan kulit. Lidah buaya juga bisa digunakan agar kulit tetap dingin dan bertindak sebagai anti-inflamasi. Kulit terbakar dapat mendorong kehilangan cairan melalui kulit, jadi pastikan untuk minum banyak air, yang akan mencegah dehidrasi dan membantu tubuh Anda cepat pulih. Perlakukan kulit Anda dengan lembut agar kulit cepat pulih kembali.

Sumber diatas menurut, Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, berbicara kepada Ammar Kalia.(Nadiah Hamdan)

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers