web analytics
  

Petani Kopi Temukan Macan Tutul Tewas di Pangalengan

Sabtu, 27 Juli 2019 16:26 WIB Nur Khansa Ranawati

Macan tutul yang ditemukan tewas.(Ist)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seekor macan tutul ditemukan dalam kondisi tewas di hutan Logawa, Kecamatan Pangelengan, Kabupaten Bandung. Bangkai macan tutul tersebut ditemukan petani kopi yang merupakan warga sekitar pada Sabtu (27/7/2019).

Ketua Model Desa Konservasi Desa Margamulya, Kecamatan Pasirjambu, Nana Supriatna mengatakan saat ditemukan kondisi macan tersebut telah tidak bernyawa. Penemuan hewan liar dalam kondisi tak bernyawa ini langsung menjadi perhatian warga sekitar.

Saat pertama kali ditemukan, jasad macan tutul ini diklaim berada di areal kawasan hutan lindung. Namun areal hutan limdung tersbut berada di kawasan luaran dan berdekatan dengan lahan persemaian kopi. Sehingga jasad sang macan kemudian ditemukan oleh petani.

"Pas pertama kali ditemukan kondisinya udah mati. kalau dilihat dari kondisi fisiknya enggak ada bekas penganiayaan atau bekas pemburuan. Tidak ada," kata pria yang akrab disapa Ocen ini kepada ayobandung.com via sambungan telepon.

Kendati demikian, Nana menyebut pihaknya masih akan menelusuri lebih lanjut kematian si macan tutul. Menurutnya, saat ini sejumlah petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat tengah menuju lokasi dan hendak mengidentifikasi kematian macan tutul ini.

"Sekarang lagi perjalanan menuju TKP. Lagi menunggu dari pihak BBKSDA akan diidentifikasi, akan diotopsi penyebab pasti kematiannya karena apa," jelasnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers