web analytics
  

Potensi Kebakaran Tinggi saat Kemarau, Masyarakat Diminta Waspada

Kamis, 25 Juli 2019 21:02 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Cimahi, Potensi Kebakaran Tinggi saat Kemarau, Masyarakat Diminta Waspada, Kebakaran di Cimahi, Musim Kemarau,

Kebakaran. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

CIMAHI UTARA, AYOBANDUNG.COM--Potensi kebakaran saat musim kemarau cukup tinggi. Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi sebut diperlukan kewaspaadan semua elemen untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Komandan Regu I Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan potensi terjadinya kebakaran saat musim kemarau di Kota Cimahi tinggi. Namun diklaimnya, pada kemarau tahun jumlah kebakaran menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

AYO BACA : Rumah Kosong di Jalan Amir Machmud Cimahi Hangus Dilalap Api

Potensi risiko lebih tinggi di musim kemarau, untuk data kemarau tahun 2019 belum dibikin grafiknya. Kalau masalah peningkatan di 2019 ini ada penurunan kasus yang terjadi tahun 2018, ujarnya kepada ayobandung.com, Kamis (25/7/2019).

Dia mengimbau agar masyarakat tidak membakar sampah secara sembarangan, terlebih dengan volume yang banyak. Selain itu, apabila akan meninggalkan rumah selalu cek keadaan perabotan listrik.

AYO BACA : Sebuah Rumah Sebrang GOR Pajajaran Terbakar

Dianjurkan tidak membakar sampah di siang hari dalam keadaan panas dan angin kencang, karena dikhawatirkan akan merembet ke obyek lain. Pelru diingat, pada saat akan meninggalkan rumah, instalasi listrik tolong dicek. Perabotan rumah tangga elektronik dicabut dan kompor diperiksa lagi, katanya. 

Indrahadi menyebut kebutuhan pompa air atau hydrant untuk menanggulangi terjadinya kebakaran di Kota Cimahi sudah ada di tiga kecamatan di Kota Cimahi. Namun demikian, masyarakat pun diingatakan untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat meningkat potensi kebakaran. 

Fasilitas pompa air yang kita punya, itu ada di Cimahi Utara, di Cimahi Tengah, dan Cimahi Selatan. Fasilitas tersebut selalu digunakan ketika terjadinya peristiwa kebakaran, terangnya.

Dia menambahkan jika terjadi atau menemui hal-hal darurat masyarakat bisa langsung menghubungi 022 - 6658113 agar bisa segera ditindaklanjuti.

AYO BACA : Bengkel dan Warung Nasi di Cijagra Terbakar, Satu Orang Tewas

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers