web analytics
  

Kerugian Rumah yang Terbakar di Jalan Amir Machmud Capai Ratusan Juta

Kamis, 25 Juli 2019 17:12 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Cimahi, Kerugian Rumah yang Terbakar di Jalan Amir Machmud Capai Ratusan Juta, kebakaran jalan amir machmud,kebakaran cimahi,kebakaran bandung

umah kosong milik Nano di Jalan Amir Machmud RT03 RW14 Gang Mustopa II Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Kamis (25/7/2019), ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (Faqih Rohman/ayobandung.com)

CIMAHI UTARA, AYOBANDUNG.COM--Kerugian kebakaran rumah kosong milik Nano di Jalan Amir Machmud RT03 RW14 Gang Mustopa II Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Kamis (25/7/2019), ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

Di samping itu, satu orang mengalami luka ringan akibat kejadian itu.

Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi Indrahadi mengatakan api pertama kali muncul sekitar pukul 14.15 WIB. Sumber api diduga berasal dari pembakaran sampah di depan rumah.

"Pembakaran sampah lalu merambat ke kursi dan lemari di halaman depan," ujarnya kepada Ayobandung.com di lokasi kejadian.

Pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut dari masyarakat sekitar pukul 14.23 WIB, dibutuhkan waktu sekitar 14 menit untuk petugas tiba di lokasi kejadian. Ketika sampai, bagian atas rumah hangus terbakar namun api masih tetap menyala di bagian tengah.

"Kami tiba di lokasi keadaannya sudah berantakan. Sebelum kami datang warga sekitar sudah melakukan pemadaman dengan alat seadanya," katanya.

Puluhan petugas gabungan diturunkan dalam upaya memadamkan kobaran api yang melahap rumah kosong tersebut. Untuk proses pemadaman dan pendingan berlangsung sekitar 20 menit. 

"Armada yang kami turunkan ada lima unit pancar, dua unit rescue, dan dua unit dari BPBD Cimahi. Proses pendinginan memakan waktu 20 menit," terangnya. 

Indrahadi menyebutkan pada peristiwa ini satu orang mengalami luka ringan akibat terkena benturan. Sedangkan kerugian yang diderita pemilik ditaksir mencapai ratusan juta karena hampir setengahnya rusak hangus dilahap api. 

"Korban jiwa ada luka ringan yaitu ibu Hannah (42), mungkin karena benturan. Karena panik dia melakukan atau membantu untuk pemadaman awal. Kerugian sekitar Rp150 juta," pungkasnya.

Dia mengimbau kepada agar tidak membakar sampah pada siang hari, terlebih dengan volume sampah banyak. Hal tersebut membahayakan untuk lingkungan sekitar.

"Musim kemarau dianjurkan tidak membakar sampah di siang hari dalam keadaan panas dan angin kencang. Boleh membakar sampah tapi dengan volume sedikit dan diawasi jangan sampai ditinggalkan," ucapnya.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers