web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Mengatasi Mata Bengkak Setelah Bangun Tidur

Kamis, 25 Juli 2019 08:53 WIB Andres Fatubun

Ilustrasi mengurangi bengkak pada mata dengan menggunakan sendok dingin. (medicalnews)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pernahkan Anda mengalami mata bengkak setelah bangun tidur dan mencoba mengobatinya? 

Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu juga dengan mata bengkak. Mata bengkak diakibatkan kurangnya tidur, alkohol berlebih, stres, menangis dan dehidrasi. Apapun alasannya, mata bengkak sangat mengganggu penampilan. Wajah akan terlihat lelah dan kusam. berikut cara mengatasi mata bengkak dengan mudah: 

Bahan alami memang efektif menutrisi kulit di bawah mata. 
1. Mentimun 
Zat astringen dan antioksidan mampu menghilangkan bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Caranya, sediakan 3-4 potong mentimun yang telah didinginkan selama 30 menit. Letakkan pada mata sampai dan ganti potongan yang baru jika sudah mulai tidak dingin lagi. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari sampai terjadi perubahan pada mata. 

2. Putih telur
Putih telur yang bersifat mengencangkan kulit dapat menghilangkan bengkak di bawah mata. Selain itu putih telur juga dapat mengurangi munculnya kerutan di wajah. Caranya, kocok putih telur hingga berbusa lalu oleskan pada wajah dan biarkan hingga 5 menit, bilas hingga bersih. Lakukan hal ini sampai terjadi perubahan pada mata. 

AYO BACA : 10 Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Seharian

3. Kentang
Sama halnya dengan mentimun, kentang juga mengandung astringen yang membantu mengurangi kantung mata. Caranya, haluskan kentang hingga menjadi jus. Celupkan kapas ke dalam jus lalu letakkan pada mata. Biarkan hingga 15 menit dan bilas mata hingga bersih. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.

4. Air mawar 
Masukkan air mawar ke dalam cetakan es balok lalu letakkan di freezer. Setelah es beku, oleskan mata dengan es balok tersebut selama 5 menit. 

5. Garam
Garam adalah benda yang sering ditemui di dapur. ternyata garam dapat mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitam. Caranya, tuangkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Aduk hingga merata lalu celupkan kapas dan tempelkan pada mata. Biarkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

6. Sendok dingin
Selama ini sendok hanya digunakan untuk makan. Kegunaan lain dari sendok adalah dapat mengatasi bengkak dan lingkaran hitam pada mata. Caranya sangat mudah, hanya dengan menaruh sendok di dalam pendingin selama 15 menit. Lalu letakkan sendok pada mata hingga sendok menghangat.(Sofa Marwati)

AYO BACA : 3 Manfaat Tepung Beras Untuk Kulit

Editor: Andres Fatubun
dewanpers