web analytics
  

Hari Ini Jokowi, Prabowo, dan Megawati Dijadwalkan Bertemu

Rabu, 24 Juli 2019 08:35 WIB Andres Fatubun
Umum - Nasional, Hari Ini Jokowi, Prabowo, dan Megawati Dijadwalkan Bertemu, Hari Ini Jokowi, Prabowo, dan Megawati Dijadwalkan Bertemu

Presiden Jokowi makan siang bersama Prabowo di FX Sudirman, 13 Juli 2019. (@cepu_supriyanto )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Rabu (24/7). Pertemuan tiga politikus senior yang bersaing di pilpres 2019 kemarin itu pun ditafsirkan sebagai pembentukan koalisi baru.

Namun, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto meski mengakui akan ada pertemuan antara Megawati, Jokowi, dan Prabowo, berpendapat pertemuan tersebut sebagai tradisi silaturahim yang baik bagi para pemimpin. Ia pun meminta tidak dimaknai sebagai pembentukan koalisi baru.

"Pertemuan tersebut jangan dimaknakan terlalu jauh dengan pembentukan koalisi. Sebab terkait koalisi pascapilpres, fatsoen-nya harus dibahas bersama antara Presiden dengan seluruh ketum koalisi," ujar Hasto dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Selasa (23/7).

Ia berkata, saat kampanye pilpres, hubungan antara Mega dan Prabowo berjalan baik, saling menghormati, dan tidak pernah terlontar hal-hal yang membuat adanya jarak. Hasto menyebut, Mega meyakini kenegarawanan Prabowo layak diapresiasi.

"Sifat tersebut mempersatukan dan diwarnai dengan dialog antarpemimpin merupakan hal yang memang seharusnya dilakukan," ujar Hasto. Pernyataan Hasto ini sekaligus mengonfirmasi soal rencana pertemuan Megawati, Prabowo, dan Presiden Joko Widodo yang diungkapkan Gerindra.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono membeberkan akan ada pertemuan antara Prabowo dan Presiden Jokowi sebagai tindak lanjut pertemuan pada Sabtu (13/7) lalu. Namun, kali ini, dalam pertemuan keduanya, Jokowi akan didampingi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau tidak ada halangan, besok (Rabu) Pak Prabowo, Ibu Mega, dan Kangmas Joko Widodo bertemu jam 12.00 WIB," kata Arief, Selasa. Arief enggan menjelaskan lebih lanjut terkait agenda pertemuan tersebut, termasuk lokasi pertemuan ketiga tokoh tersebut akan digelar. "Nanti dulu, lagi diatur dulu ini," ujarnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers