web analytics
  

Amankah Mengonsumi Telur Mentah?

Selasa, 23 Juli 2019 07:50 WIB Andres Fatubun
Gaya Hidup - Sehat, Amankah Mengonsumi Telur Mentah?, Konsumi Telur Mentah, sehat

Ilustrasi telur mentah

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kandungan vitamin dan mineral membuat telur menjadi salah satu makanan tersehat di dunia. Orang-orang di seluruh dunia mengonsumsi telur karena manfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Tetapi apakah aman mengkonsumsi telur mentah?

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyatakan telur mentah yang tidak dipasteurisasi mungkin mengandung bakteri yang dapat membahayakan kesehatan. 

Beberapa risikonya adalah ditemukan kasus orang yang terkena penyakit bawaan makanan, hingga mati setiap tahun akibat setelah makan telur mentah yang terkontaminasi dengan Salmonella (penyakit bakteri).

Makan telur mentah juga mengurangi kemampuan Anda untuk menyerap protein esensial yang ada dalam telur karena protein lebih baik diserap dari telur yang dimasak.

Mengonsumsi telur mentah juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk menyerap biotin. Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air, yang terlibat dalam produksi glukosa dan asam lemak dalam tubuh.

Putih telur mentah mengandung protein yang disebut avidin, yang berikatan dengan biotin di usus kecil dan mencegah penyerapannya. Namun saat Anda memasak telur, panasnya menghancurkan avidin.

Mencegah kontaminasi
Seseorang dapat mencegah kontaminasi dengan memanaskan telur dalam air panas selama periode waktu tertentu. Pemanasan telur, juga dikenal sebagai pasteurisasi mengurangi kontaminasi Salmonella tetapi tidak mempengaruhi kualitas gizi atau rasa telur.

Mengonsumsi telur mentah atau setengah matang dapat meningkatkan risiko infeksi Salmonella, yang juga disebut salmonellosis. Gejala infeksi terjadi dalam 12 hingga 72 jam setelah mengonsumsi telur yang terkontaminasi. Gejala yang terinfeksi Salmonella seperti diare, demamk, kram perut, dan muntah

Bayi, anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan wanita hamil memiliki resiko lebih tinggi untuk terinfeksi.

Cara melindungi diri dari infeksi, pertama jangan mengkonsumsi telur mentah agar terhindar dari risiko infeksi. Kedua, simpan telur mentah di lemari es. Ketiga, jangan mengkonsumsi telur jika cangkang retak atau kotor. Keempat, setelah memegang telur mentah, cuci tangan dengan benar, dan kelima masak putih telur dan kuning telur dengan benar sebelum dikonsumsi.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers