web analytics
  

Rini Soemarno Mangkir dari Panggilan KPPU soal Kasus Garuda Indonesia

Kamis, 18 Juli 2019 13:33 WIB Istihanah Soejoethi
Umum - Nasional, Rini Soemarno Mangkir dari Panggilan KPPU soal Kasus Garuda Indonesia, Rangkap jabatan petinggi Garuda, Menteri BUMN Rini Soemarno, KPPU

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno tidak memenuhi panggilan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada Kamis (18/7/2019). Menurut jadwal, Rini seharusnya hadir di KPPU pada pukul 09.00 WIB untuk dimintai keterangan sebagai saksi atas kasus tiga pejabat Garuda Indonesia yang merangkap jabatan di Sriwijaya Group dan NAM Air. 

Juru Bicara KPPU, Guntur S Saragih, mengatakan bahwa Kementerian BUMN memang tidak memberikan tanggapan terkait surat pemanggilan Menteri Rini sebagai saksi. "Dari kemarin sih enggak ada tanggapan ya," ujarnya saat dihubungi, Kamis (18/7/2019) pagi. 

KPPU telah menangkap adanya praktik kecurangan yang dilakukan Garuda Indonesia. Tiga jajaran direksinya merangkap jabatan sebagai komisaris di Sriwijaya Group, yakni Direktur Utama Garuda Ari Askhara, Direksi Niaga Garuda Pikri Ilham Kurniansyah, dan Direktur Utama Juliandra Nurtjahjo.

Namun, ketiga orang tersebut sudah menyatakan mengundurkan diri dari bangku komisaris Sriwijaya Group melalui surat resmi saat proses penyelidikan masih berlangsung, tepatnya pada 2 Juli lalu.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers