web analytics
  
Banner Kemerdekaan

5 Jajanan Es Asli Indonesia yang Wajib Dicoba

Selasa, 2 Juli 2019 11:25 WIB Andres Fatubun

Es Podeng asli Madura.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Siapa yang tidak suka es? es adalah olahan yang sangat nikmat dan digemari oleh berbagai kalangan. Berkembangnya jaman juga menciptakan aneka ragam olahan es.

AYO BACA : Bakso Aci Ganteng Kuah Gurih yang Bikin Nagih

Indonesia yang terkenal akan kekuatan rempah-rempah pada makanan berat,ternyata memiliki kekayaan cita rasa pada olahan esnya. Berikut ini 5 olahan es khas Indonesia.
 

AYO BACA : Es Cincau Zaman Modern

1. Es Selendang Mayang (Jakarta)
Es yang berasal dari tanah Betawi ini sudah sangat jarang yang berjualan, tetapi sering ditemui di acara pernikahan maupun lebaran. Selain menyegarkan, es selendang mayang juga mengenyangkan karena terbuat dari tepung hunkwe.  

2. Es Cendol (Jawa Barat)
Selanjutnya minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung hunkwe yaitu Es Cendol.  Menariknya nama cendol ini bermula dari orang-orang yang merasakan sensasi jendolan dari cendol nya sehingga disebut cendol.  

3.Es Nona (Pontianak, Kalimantan Barat)
Es Nona berisi potongan pepaya, kacang merah, tape, dan susu kental manis. Pepaya yang digunakan adalah pepaya yang sudah direndam air kapur sirih sehingga membuatnya menjadi renyah ketika digigit.

4. Es Pisang Ijo (Makasar, SulawesiSelatan)
Dinamakan es pisang ijo karena terdapat pisang yang dibalur tepung berwarna hijau. Siraman kuah santan, sirup dan ditambah pula bubur sumsum, ketan hitam, dan sagu mutiara.  

5. Es Podeng (Madura)
Podeng adalah bahasa Madura yang memiliki arti putar. Nama inilah yang digunakan karena Es Podeng dibuat secara tradisional dengan cara diputar. Es podeng sering disajikan dengan taburan kacang tanah yang dicincang kasar, meses, dan susu cokelat kental manis.  

Sudahkah Anda mencoba 5 jenis olahan es khas Indonesia? Jika belum Anda wajib mencobanya ketika jalan-jalan keliling Indonesia. (Arya Tri Prasakti)
 

AYO BACA : 5 Olahan Ayam Khas Indonesia

Editor: Andres Fatubun
dewanpers