web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Minggu, 30 Juni 2019 11:10 WIB Rizma Riyandi

Teh Hijau

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat. Ini adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di Jepang karena teh hijau dianggap anti-penuaan. Menurut sebuah penelitian, teh hijau mengandung jumlah antioksidan tertinggi yang menyumbang sekitar 30% dari berat daun teh hijau kering.

Teh hijau mengandung flavonol dan katekin (epicatechin, epigallocatechin, gallocatechin dan turunan gallate). Senyawa yang paling kuat dalam teh hijau adalah EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa lain yang ditemukan dalam teh hijau adalah kuersetin, apigenin, asam linoleat, karbohidrat, metilxantin, sejumlah kecil karoten dan mineral seperti kalsium, magnesium, besi, mangan, tembaga, seng, dan kromium.

Berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Teh hijau mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, serta melindungi jantung dari stroke dan penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, minum teh hijau dapat menurunkan penyakit jantung hingga 31 persen.

2. Mengurangi risiko kanker

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang telah terbukti mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti prostat, usus besar, dan kanker payudara.

3. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Studi lain menunjukkan bahwa, kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 11 hingga 12%.

4. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak Anda dan membuat Anda lebih pintar dengan meningkatkan neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin. Minum teh hijau akan meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Studi lain menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 18% lebih rendah menjadi diabetes.

6. Mengurangi penyakit kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat digunakan dalam pengobatan gangguan kulit seperti ketombe dan psoriasis. Minum teh hijau mengurangi bercak di kulit, kulit kering dan bersisik yang disebabkan oleh peradangan pada kulit.

7. Membantu sakit radang sendi

Efek antioksidan EGCG dalam teh hijau menghambat produksi molekul tertentu dalam tubuh yang menyebabkan peradangan dan nyeri radang sendi. Menurut Arthritis Foundation, EGCG dalam teh hijau adalah 100 kali lebih efektif daripada vitamin E dan vitamin C.

8. Meningkatkan kesehatan mulut

Katekin dalam teh hijau memiliki kemampuan ampuh untuk membunuh bakteri dan virus, sehingga menurunkan risiko infeksi. Ini juga menghentikan pertumbuhan Streptococcus mutans, bakteri yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang.

9. Membuat umur panjang

Minum teh hijau hidup lebih lama menurut sebuah penelitian. Studi ini menyimpulkan bahwa kematian karena semua penyebab lebih rendah sebesar 23% pada wanita dan 12% pada pria, kematian akibat penyakit jantung lebih rendah sebesar 31% pada wanita dan 22% pada pria, dan kematian akibat stroke lebih rendah sebesar 42% pada wanita dan 35% pada pria, yang mengonsumsi teh hijau.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Antioksidan dalam teh hijau memiliki sifat anti-penuaan yang menunda proses penuaan dan menjaga kulit Anda bersinar dan sehat. Efek Samping Teh Hijau Orang yang sensitif terhadap kafein, pada obat pengencer darah, dan minum obat stimulan lainnya harus menghindari minum teh hijau.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers