web analytics
  

Seniman Kota Bandung Akan Dikirim ke Braunschweig Jerman

Kamis, 20 Juni 2019 01:00 WIB M. Naufal Hafizh
Bandung Raya - Bandung, Seniman Kota Bandung Akan Dikirim ke Braunschweig Jerman, Seniman, Kota Bandung, Braunschweig, Jerman, sister city,

Ilustrasi: Sejumlah mahasiswa Prodi Tari Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung angkatan 2015-2016 menampilkan tari topeng tunggal pada Temu Enam Gaya Topeng, di Gedung Pusat Pengembangan Kebudayaan (PPK), Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (27/12/2018). (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari merencanakan program residensi seniman atau budayawan. Para seniman atau budayawan tersebut akan dikirim ke Braunschweig, Jerman. Mereka akan mempromosikan seni dan budaya Sunda di Braunschweig.

"Program residensi jadi pertukaran budayawan atau seniman. Nantinya mereka berkeliling untuk mempromosikan sekaligus edukasi. Bisa selama 1-2 minggu dan ada menggelar workshop," ujarnya, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com, Rabu (19/6/2019). 

Namun, karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bandung terbatas, Kenny berharap masyarakat, perusahaan, ataupun instansi pendidikan bisa ikut berkolaborasi untuk mewujudkan itu.

AYO BACA : Keselarasan Antaragama, Etnis, dan Budaya di Pulogeulis Bogor

"Kalau APBD terbatas di kita, ya mari dunia perusahaan untuk jalin kolaborasi," ujarnya. 

Kegiatan itu sebagai peringatan ke-60 tahun sister city Kota Bandung dan Kota Braunschweig. Salah satu kegiatan untuk menyambut kerja sama itu yakni Bandung-Braunschweig Bersinergi di Taman Dewi Sartika Kota Bandung, Rabu (19/6/2019). Acara ini untuk lebih memperkenalkan hubungan sister city, Bandung-Braunschweig kepada warga Kota Bandung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung Kota Bandung Eddy Marwoto mengungkapkan, hubungan Kota Bandung dan Kota Braunschweig merupakan salah satu sister city tertua di Indonesia. Hubungan kedua kota ini telah menghasilkan sejumlah kerja sama, mulai dari bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata hingga ekonomi.

AYO BACA : Ayo Kenalan dengan Komunitas Menari Bandung

Sejumlah kegiatan telah berlangsung sejak tahun 1960. Di antaranya, pertukaran pelajar dan mahasiswa, pertukaran misi kebudayaan, bantuan-bantuan bagi perguruan tinggi, berbagai pelatihan, hingga sharing best practice dalam berbagai bidang. 

"Selain misi kebudayaan, ke depan bisa lebih banyak lagi pertukaran pelajar pemuda di Bandung. Kita kasih kesempatan mereka untuk meningkatkan pengalaman kemampuan dalam pendidikan," ujarnya. 

"Kita juga akan bekerja sama dengan Kadin (Kamar Dagang Indonesia). Peran pengusaha ini bisa meluaskan jangkauan pasar mereka sampai ke negara lain yang tergabung dalam sister city," lanjutnya.

Sementara itu, Perwakilan Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Marc Seeman menyampaikan, pihaknya terbuka lebar untuk terus menjalin kerja sama yang telah berjalan hampir 60 tahun itu. 

“Kota Bandung mampu berkolaborasi dengan Kota Braunschweig atas kinerja selama ini mengenai budaya, pariwisata, pendidikan maupun kepemudaan,” akunya.

AYO BACA : 10 Tahun Isyur Menjadi Pelukis di Braga

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers