web analytics
  

Persib Kantongi 7 Kartu Kuning di 2 Laga, Ini Komentar Robert Alberts

Senin, 10 Juni 2019 14:35 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Persib Kantongi 7 Kartu Kuning di 2 Laga, Ini Komentar Robert Alberts, Persib, Kartu Kuning, Robert Alberts

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Meski baru melakoni dua laga, yakni melawan Persipura dan Semen Padang di Liga 1 2019, Persib Bandung sudah mengantongi tujuh kartu kuning. Diketahui, tujuh kartu kuning itu masing-masing dikantongi dua untuk Ezechiel N Douassel, dua untuk Bojan Malisic, satu untuk Artur Gevorkyan, satu untuk Hariono, dan satu untuk Achmad Jufriyanto.

Mengomentari hujan kartu kuning di dua laga awal tersebut, Pelatih kepala Persib Bandung, Robert Alberts mengaku tidak setuju dengan beberapa keputusan wasit yang memberikan kartu kuning kepada anak asuhannya. Pasalnya, pelatih asal Belanda itu menilai, ada beberapa keputusan wasit yang keliru saat memberikan hukuman kartu kepada para penggawa Maung Bandung.

"Saya tidak terlalu setuju dengan banyaknya kartu kuning ini, tidak terlalu. Jika kita melihat banyaknya kartu kuning yang terkumpul, saya tidak terlalu setuju dengan jumlah yang didapat. Tiga kartu kuning mungkin tak masalah, tapi tiga kartu kuning lainnya saya tidak berpikir demikian," ungkap Robert usai memimpin latihan.

Sementara itu, terkait dua pemain asing Maung Bandung yakni Ezechiel NDouassel dan Bojan Malisic yang menjadi pemain paling produktif dalam urusan mendapat kartu kuning, Robert pun angkat bicara. Robert juga mengaku mulai memberikan peringatan kepada Ezechiel dan Bojan untuk tidak gegabah saat pertandingan selanjutnya. 

AYO BACA : Jadwal Lengkap Pertandingan Babak Penyisihan Copa America 2019

Maklum, jika pada pertandingan ke tiga melawan PS Tira Persikabo, Bojan dan Ezechiel kembali mendapat kartu kuning, praktis kedua pemain tersebut harus absen di laga selanjutnya melawan Madura United pada pekan ke lima Liga 1 2019.

"Ezechiel dua kartu kuning, sama dengan Bojan. Tapi saya harus bilang, saya tidak berpikir dia (Ezechiel) harus mendapatkan dua kartu kuning," katanya.

Kendati demikian, Robert juga mengaku tak akan melindungi pemainnya jika pelanggaran yang dihadiahi kartu kuning itu sesuai dengan aturan. Hal itu lantaran para pemain harus sudah tahu konsekuensi jika bermain dengan gegabah. 

Namun sebaliknya, jika pemain bersangkutan tak layak dikartu kuning maka dirinya pun merasa keputusan tersebut tak patut dilakukan. Namun Robert mengaku sebagai pelatih, dirinya tetap tidak bisa berbuat banyak untuk memprotes keputusan tersebut.

"Saya ingin melindungi pemain saya, jika dia salah tentu saya tidak akan melindungi pemain itu, karena dia tahu konsekuensinya. Tapi saya pikir di situasi ini keputusan (wasit) itu tidak tepat, ini karena saya ingin melindungi pemain saya. Jika pemain melakukan kesalahan saya tidak akan menyalahkan dikartu kuning karena tentu itu sesuai dengan aturan, tapi tentu jika tidak pantas diberikan kartu kuning saya juga tidak bisa berbuat apa-apa," ujarnya.
 

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers