web analytics
  

Pengamanan Mudik Tahun Ini Diklaim Lebih Baik

Senin, 10 Juni 2019 13:59 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Pengamanan Mudik Tahun Ini Diklaim Lebih Baik, mudik 2019, mudik nagreg, mudik jabar, nagreg

Ilustrasi

NAGREG, AYOBANDUNG.COM--Pengamanan arus mudik dan balik Idulfitri di Jalur Nagreg tahun ini diklaim lebih baik dibanding tahun lalu.

Kasatlantas Polres Bandung AKP Hasby Ristama mengatakan, jika dilihat dari kelancaran arus, pengamanan mudik pada Idulfitri tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Kemacetan parah hanya terjadi pada hari kedua Idulfitri, sisanya lalu lintas di Nagreg ramai lancar," tutur Hasby, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, kelancaran arus mudik dan balik Idulfitri 2019 tidak terlepas dari komitmen seluruh pihak dalam melakukan tugas pengamanan. Di samping itu, pihaknya melakukan evaluasi dari pengamanan mudik tahun-tahun sebelumnya.

Dari hasil evaluasi, pihaknya menentukan enam pendekatan dalam melakukan pengamanan arus lalu lintas di Jalur Nagreg.

"Pendekatan pertama adalah melakukan one way saat terjadi kepadatan," ujarnya.

Pendekatan kedua yang dilakukan adalah meminimalisasi potensi hambatan di Lingkar Nagreg. Menurut Hasby, di lokasi ini banyak masyarakat yang berhenti terutama di terowongan untuk melakukan swafoto. Pihaknya menempatkan petugas untuk mengingatkan pemudik agar tidak berhenti dan berswafoto di Lingkar Nagreg.

“Sebelum jembatan Nagreg itu jalurnya tanjakan cukup panjang. Apabila ada hambatan, akan menjadi kepadatan yang parah,” katanya.

Pendekatan ketiga yang dilakukan adalah membagi arus lalu lintas di Jalan Raya Nagreg.  Jalan Raya Nagreg yang mulanya dipakai dengan sistem dua banding dua (masing-masing dua jalur ke arah timur dan barat), kdiubah menjadi tiga banding satu.

Kanalisasi dilakukan di Cileunyi dan Pasar Dangdeur dengan menggunakan seutas tali itu, polisi membatasi gerak masyarakat yang hendak menyebrangi jalan.

“Kanalisasi juga berfungsi untuk membatasi masyarakat yang hendak menyebrang jalan. Biasanya, itu yang membuat daerah pasar dan persimpangan menjadi penyebab kemacetan,” terangnya.

Polres Bandung juga membersihkan terminal bayangan di Cileunyi yang menghambat arus lalu lintas.

"Gerbang Tol Cileunyi juga ditambah untuk memperlancar arus," ujarnya.

Dengan cara tersebut, Hasby mengklaim mampu mengatasi arus lalu lintas Jalur Nagreg yang kerap kali mengalami kemacetan panjang saat musim mudik.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers