web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Warga Pendatang ke Kota Bekasi Diharapkan Memiliki Keterampilan

Jumat, 7 Juni 2019 11:47 WIB Ananda Muhammad Firdaus

Ilustrasi Wisata

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Bekasi tak melarang kedatangan warga luar daerah yang berniat singgah dan bermukim di Kota Bekasi. Hal itu menyikapi fenomena musiman momen lebaran dimana banyak perantau mencari peruntungan hidup di kawasan metropolitan seperti Kota Bekasi. 
 
Kendati begitu, diharapkan para pendatang ini memiliki keterampilan sehingga tidak terbebani ketika tinggal di daerah yang berbatasan dengan ibukota negara ini. 
 
“Jadi jika warga dari luar daerah yang datang ke Bekasi namun tidak punya keterampilan, nantinya mereka akan tersisihkan dengan sendirinya,” kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono, Kamis (6/6/2019).
 
Dia menyampaikan, pihaknya tidak akan melakukan operasi kependudukan atau disebut operasi yustisi di momen arus balik. Menurutnya, keragaman penduduk Kota Bekasi tidak lain dibangun karena kedatangan para warga dari luar daerah.
 
“Itu lah yang akan memberikan warna tersendiri terhadap Kota Bekasi. Bekasi bisa begini begitu juga karena mereka yang kemudian memberikan warna dan mendatangkan investasi, membayar pajak retribusi,” katanya.
 
Namun demikian, Tri menegaskan keterampilan menjadikan seseorang mampu bertahan hidup. Malah di suatu kesempatan Wali Kota Bekasi menyampaikan dengan memiliki keterampilan warga pendatang tidak menjadi beban sosial lingkungan kota. 
 
“Kami berharap, kami mengingatkan bahwa, orang yang datang itu harus memiliki keterampilan, kemudian harus memiliki kapasitas, harus memiliki nilai lebih. Karena kalau enggak mereka nanti akan tereliminasi tersendiri,” tandasnya. 
Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers