web analytics
  

Mudik, Sekda Jabar Rayakan Lebaran di Ciamis

Rabu, 5 Juni 2019 15:18 WIB Nur Khansa Ranawati

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, beserta istri dan anaknya dalam gelaran open house bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Rabu (5/6/2019) menjelang siang. (Nur Khansa/ayobandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa beserta istri dan anaknya menyempatkan Mudik ke Ciamis dalam momen Idulfitri 1440 H ini. Iwa dan keluarga berangkat menuju kampung halamannya selepas menghadiri gelaran open house bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar di Gedung Pakuan, Rabu (5/6/2019) menjelang siang.

Dia mengatakan, salah satu kegiatan utama yang telah menjadi tradisi tiap bertandang ke Ciamis adalah silaturahmi dengan tiga orang kakaknya. Sebagai anak terkecil dari sembilan bersaudara, Iwa senantiasa menyempatkan diri untuk saling bermaafan dengan keluarga.

"Saya di Ciamis silaturahmi karena masih ada tiga orang kakak, yang paling tua hampir 80 tahun. Saya anak paling kecil," ungkap Iwa.

Selain bertemu keluarga, Iwa juga berencana akan menziarahi makam kedua orang tuanya. Di lebaran tahun ini, dia mengatakan, dirinya memiliki lebih banyak waktu untuk silaturahmi dibanding tahun sebelumnya.

"Supaya afdol nanti juga akan mendoakan kedua orangtua di pusara dan silaturahmi dengan beberapa tokoh. Di tahun ini lebih banyak kesempatan silaturahminya dibanding tahun kemarin," ungkapnya.

Salah satu hal yang membuat dirinya dan keluarga menyempatkan diri ke Ciamis juga karena jalur lalulintas Mudik di Jabar tengah dan selatan yang terpantau lancar.

"Mumpung suasana jalan tengah dan selatan juga sudah lancar, selesainya tol Trans Jawa ini dampaknya lalulintas Mudik jadi lebih lancar," jelas Iwa.

Di sela perjalanannya menuju Ciamis, Iwa dan keluarga sempat beristirahat di Ciawi dengan menggelar tikar dan botram makan siang bersama. Dia mengatakan, ada sejumlah makanan khas di Ciamis yang dia rindukan.

"Di sana juga momennya akan menyicip makanan khas yaitu papais dan rengginang," jelas Iwa. 
 

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers