web analytics
  

Prediksi Puncak Mudik di Tol Meleset Akibat Libur Hari Lahir Pancasila

Jumat, 31 Mei 2019 19:58 WIB Erika Lia
Umum - Regional, Prediksi Puncak Mudik di Tol Meleset Akibat Libur Hari Lahir Pancasila, Hari Kesaktian Pancasila, Mudik Lebaran,

Pemudik padati jalur Tol Cipali saat diberlakukan one way. Pada H-4 Lebaran atau Jumat (31/5/2019) ini, jumlah pemudik sejak pagi hingga siang tak sebanyak hari sebelumnya yang dimungkinkan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang harus dilaksanakan para ASN pada Sabtu (1/6/2019) esok. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM--Prediksi puncak mudik di Tol Cipali pada Jumat (31/5/2019) ini meleset. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada H-4 Lebaran atau Sabtu (1/6/2019) esok dipandang sebagai sebab.

Sejak pagi hingga siang tadi, jumlah kendaraan yang melintas di Gate Tol Palimanan (keluar dan masuk arah Cirebon dan Jakarta) terdata 22.416 unit kendaraan. Rata-rata 2.802 kendaraan/jam mengarah ke Jawa Tengah.

VP Director PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Firdaus Azis mengungkapkan, jumlah itu menurun sekitar 27,60% dari jam yang sama pada H-5 Lebaran atau Kamis (30/5/2019) yang terdata 30.960 kendaraan.

AYO BACA : Kabid Humas Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Jatuh Malam Ini

"Hal itu salah satunya diperkirakan karena para Aparatur Sipil Negara (ASN) belum seluruhnya mudik. Mereka masih akan mengikuti upacara memperingati Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni besok," tuturnya.

Sementara, kendaraan yang menuju Jakarta tidak ada karena pemberlakukan one way yang sudah dimulai sejak pukul 08.00 pagi tadi.

Secara kumulatif, total lalin di kedua arah naik 8,97% dari tahun sebelumnya atau dari 276.831 kendaraan pada 2018 menjadi 301.662 kendaraan pada 2019. 

AYO BACA : Puncak Mudik di Tol Palikanci Diperkirakan pada H-3

One way, sebagaimana diketahui, sudah diterapkan sejak 30 Mei 2019 pukul 08.00 WIB, mulai KM 70 hingga KM 263. Jumat ini merupakan hari kedua pemberlakuan one way dengan periode jam yang sama.

"Penormalan akan diberlakukan kembali pada pukul 19.00 WIB atau sesuai dengan diskresi Kakorlantas," katanya.

Dia mengimbau para pengendara agar tetap pada jalurnya masing-masing selama one way diberlakukan. Pengendara diminta tak melakukan crossing median karena membahayakan pengendara lain, serta tetap menjaga batas kecepatan maksimal 100 km/jam.

Selain itu, pemudik disarankan menyesuaikan waktu awal atau akhir pelaksanaannya. Pemudik juga diingatkan tak menunggu di bahu jalan dan melakukan penyeberangan jalur di luar lokasi yang ditentukan.

"Demikian juga pada akhir one way agar segera menyesuaikan jalurnya kembali. Kepada pengguna rest area di jalur B agar segera menyesuaikan karena ada beberapa pengguna jalan yang terjebak di rest area saat pemulihan one way dilakukan," tandasnya.

AYO BACA : Kakorlantas Polri: Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi 2 Juni

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers