web analytics
  

Basarnas Jabar Siapkan Enam Posko Pengamanan Lebaran

Selasa, 28 Mei 2019 13:23 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Basarnas Jabar Siapkan Enam Posko Pengamanan Lebaran, Basarnas Jabar, mudik lebaran 2019, antisipasi bencana, posko bencana

Persiapan Basarnas Jabar menghadapi mudik Lebaran 2019. (Dok. Basarnas Jabar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR (Basarnas) Jawa Barat menyiapkan sedikitnya enam unit posko pengamanan Lebaran Idulfitri 2019. Keenam posko tersebut tersebar di beberapa titik di wilayah Jawa Barat.

Juru Bicara Basarnas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor menyebutkan keenam posko Basarnas ini terdiri dari satu posko utama dan lima posko stand by. Posko utama terletak di Kantor SAR Bandung sedangkan lima posko sisanya berada di Cikopo, Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Tol Cipali Rest Area KM 102 dan Nagreg.

AYO BACA : BPBD Kabupaten Bandung Siaga Antisipasi Bencana di Jalur Mudik

"Dalam optimaliasasi kesiapsiagaan SAR Lebaran 1440 H, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung berpegangan tangan dengan instansi lainnya seperti Kementerian Perhubungan, TNI, Polri serta juga tetap berkoordinasi dengan potensi SAR," papar Joshua.

Operasi pengamanan lebaran ini dilaksanakan serentak pada 28 Mei hingga 13 Juni 2019 di seluruh Indonesia. Operasi dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan kesiapsiagaan Basarnas pada momen libur lebaran.

AYO BACA : BPPT Luncurkan Rumah Bongkar Pasang untuk Daerah Rawan Bencana

"Dengan lalu lintas yang padat menjelang hari raya dan kawasan wisata yang selalu meningkat pengunjungnya pada libur lebaran maka dibutuhkan kesiapsiagaaan pemerintah dalam menjamin situasi yang kondusif dan aman terkendali, salah satunya yang dilakukan oleh Basarnas," tutur dia.

Lebih lanjut, Joshua menyebut pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal dalam operasi ini, termasuk keterampilan personel kesiapan alat untuk mengantisipasi penanganan kecelakaan.

"Dalam siaga SAR ini banyak elemen yang harus di siagakan yaitu persiapan personel, alat yang memadai dan keterampilan personel. Siaga SAR yang dilakukan oleh Basarnas berfokus pada penanganan kecelakaan sehingga kesiap siagaan alat dan personel sangat dibutuhkan," jelasnya.

AYO BACA : Antisipasi Bencana Saat Mudik, 108 Alat Berat Disiapkan di Jabar

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers