web analytics
  

PSSI Pastikan Penggunaan VAR di Kompetisi Sepakbola Indonesia

Senin, 27 Mei 2019 22:46 WIB Dadi Haryadi
Olahraga - Sport, PSSI Pastikan Penggunaan VAR di Kompetisi Sepakbola Indonesia, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Sepakbola, VAR (Video Assistant Referee),

VAR (Video Assistant Referee). (Fifa TV)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan penggunaan video bantuan wasit (VAR) di kompetisi sepak bola Indonesia.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin (27/5/2019), keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat komite eksekutif (exco) PSSI yang diadakan pekan lalu.

PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar untuk mengoperasikan VAR, ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, seperti dikutip dari Antara.

Dengan adanya keputusan tersebut, PSSI meminta LIB untuk membuat kajian dari sisi anggaran dan infrastruktur agar rencana VAR itu bisa dieksekusi.

AYO BACA : Miljan Radovic Dukung Penggunaan VAR di Liga 1 Indonesia

PSSI sendiri akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA.

Metode VAR baru diterapkan pertama kali oleh FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bantuan ini digunakan wasit untuk menentukan keputusan-keputusan penting dalam pertandingan seperti penalti, kartu merah dan gol.

Untuk menjalankan VAR, wasit-wasit mendapatkan pelatihan dari FIFA. Sebagian wasit ditempatkan di belakang layar.

VAR hanya digunakan ketika merasakan ada kejanggalan dalam keputusan yang diambil wasit atau wasit menilai perlu melihat ulang situasi yang baru terjadi.

AYO BACA : Liga 1 2019 Kembali Tanpa VAR, Ini Respons Miljan Radovic

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers