web analytics
  

Puncak Arus Mudik di Cimahi Diprediksi Terjadi H-4 dan H-3 Lebaran

Senin, 27 Mei 2019 22:08 WIB Faqih Rohman Syafei

Kemacetan mudik Lebaran. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

CIMAHI UTARA, AYOBANDUNG.COM--Puncak arus kendaraan pemudik yang akan melintasi Kota Cimahi diperkirakan akan terjadi pada H-4 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+8 Lebaran 2019.

Kasi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengatakan untuk puncak arus mudik kendaraan yang melintas Kota Cimahi diperkirakan terjadi pada 1 - 2 Juni 2019. Puncak arus balik akan terjadi pada 13 - 14 Juni 2019. 

Lebih lanjut, disebutkannya mengantisipasi hal tersebut pihaknya telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang. 

Kami telah menyiagakan anggota Dishub Kota Cimahi sebanyak 60 orang untuk membantu pihak kepolisian dalam mengatur arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, ujarnya, Senin (27/5/2019).

Dia menuturkan petugas gabungan akan mengatur arus lalu lintas di jalan nasional yang merupakan jalur utama pemudik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pengaturan tersebut guna melancarkan arus lalu lintas sehingga mampu meminimlisir kepadatan kendaraan.

Kami juga siapkan water barrier, traffic con apabila ada kemacetan bisa dikanalisasi. Ini juga ada korelasinya dengan pembatasan operasional kendaraan berat yang tujuannya melancarkan angkutan orang, katanya.

Menurutnya, ketika arsu mudik atau balik tidak menutup kemungkinan akan diterapkan sistem satu arah atau one way, namun tergantung situasi dan kondisi dilapangan. Penerapan sistem tersebut harus dikomunikasikan dengan berbagai pihak. 

Kalau memang lalu lintasnya sudah sangat padat dan tidak bisa bergerak baru petugas akan komunikasi dengan pihak kepolisian untuk lakukan satu arah, ucapnya. 

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto mengatakan pada arus mudik dan balik tahun ini Polres Cimahi telah menyiapkan ratusan personel untuk mengatur arus lalu lintas. Pihaknya pun dibantu juga dengan berbagai unsur terkait demi kelancaran para pemudik di jalan raya. 

Kami juga dibantu oleh TNI, Dishub, Dinkes, juga organisasi masyarakat dalam pengamanan arus mudik di Cimahi dan KBB, pungkasnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers