web analytics
  

Dishub Kota Cimahi Lakukan Ramp Check, 3 Unit Bus Tidak Laik

Senin, 20 Mei 2019 16:07 WIB Faqih Rohman Syafei
Umum - Regional, Dishub Kota Cimahi Lakukan Ramp Check, 3 Unit Bus Tidak Laik, Dishub, Kota Cimahi, Ramp Check, 3 Unit, Bus, Tidak Laik, mudik, tips mudik,

Petugas Dinas Perhubungan Kota Cimahi mengecek administrasi angkutan umum di Kota Cimahi, Senin (20/5/2019). (Faqih Rohman/Ayobandung.com)

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM—Dinas Perhubungan Kota Cimahi melakukan pengecekan kendaraan atau ramp check terhadap angkutan umum di beberapa titik di Kota Cimahi, Senin (20/5/2019). Hasilnya, tiga unit angkutan umum dinyatakan tidak laik jalan.

Kasi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, ramp check ini bertujuan memastikan kelaikan angkutan umum menjelang arus mudik 2019. Ada dua aspek yang dicek, dari sisi administrasi dan teknis.

AYO BACA : Tips Buat Pemudik yang Melintasi Tol Satu Arah

Kami lakukan ramp check ini bersama dengan pihak kepolisian dan TNI terkait dengan persiapan menjelang angkutan mudik 2019, ujarnya, Senin (20/5/2019).

Dijelaskannya, dari aspek administrasi, petugas mengecek surat-surat kendaraan dan kartu pengawasan. Sementara itu, aspek teknis yakni ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR), pintu darurat, ban, baut-baut, dan pengereman.

AYO BACA : Catat! Ini Daerah-daerah Rawan Longsor di Jalur Mudik

Dari tiga kendaraan yang dicek, ketiganya tidak laik, karena ada beberapa teknis yang tidak berfungsi baik seperti pintu darurat yang macet, mur kurang satu, dan tidak ada alat pemadam, katanya.

Pihaknya, sambung Ranto, telah melayangkan surat peringatan kepada pengelola angkutan untuk segera ditindaklanjuti. Bila tidak, Dishub Kota Cimahi akan melakukan penindakan terhadap angkutan yang tidak laik. 

Jika ada yang tidak laik kendaraan akan ‘dikandangkan’ atau tidak boleh dioprasionalkan. Kalau memang tidak fatal kaitannya teknis hanya pendukung bukan utama siftanya hanya penilangan, terangnya. 

Dia menambahkan, untuk memastikan semua angkutan umum di Kota Cimahi laik jalan, pihaknya akan melakukan kembali ramp check pekan depan. Harapannya, semua angkutan umum bisa sesuai dengan standar keselamatan yang ada. 

Minggu depan kami akan lakukan ramp check kembali, karena yang sekarang ini sifatnya hanya teguran saja, pungkasnya.

AYO BACA : Duh, Jalur Salawu Rawan Longsor, Kecelakaan, dan Kejahatan

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers