web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Mahfud MD Diskusikan Kondisi Kebangsaan Terkini

Jumat, 17 Mei 2019 17:40 WIB M. Naufal Hafizh

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD. (ANTARA/Bayu Prasetyo)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD bersama sejumlah tokoh lainnya berkunjung ke rumah pribadi Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri membahas kondisi kebangsaan terkini, termasuk mendiskusikan kondisi setelah penyelenggaraan Pemilu 2019 agar selesai dengan baik, sesuai dengan tahapan dan konstitusional.

"Tadi kami berdiskusi dengan Ibu Megawati, salah satu tokoh nasional yang senior yang turut menentukan kondisi bangsa dan negara ini," kata Mahfud MD, usai bertemu dengan Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

AYO BACA : AHY, Yenny Wahid, dan 9 Kepala Daerah Adakan Pertemuan Tertutup

Pada kesempatan tersebut, Mahfud MD didampingi Rohaniwan Frans Magnis Suseno, Rohaniwan Benny Susatyo, serta tokoh milenial Alissa Wahid.

Menurut Mahfud MD, Megawati adalah Presiden RI kelima serta pemimpin partai politik besar. Megawati juga menjadi Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

AYO BACA : 3 Hasil Pertemuan Tertutup AHY, Yeny Wahid, dan 9 Kepala Daerah

"Tadi kami berdiskusi, mengenai situasi terkini kondisi kebangsaan pasca-Pemilu 2019. Kita berdiskusi bagaimana agar situasi pasca-Pemilu dapat selesai dengan baik, sesuai dengan tahapan dan konstitusional," katanya.

Menurut Mahfud, proses pemilu diatur dalam aturan perundang-undangan, termasuk mengatur tahapan, mekanisme, dan prosedur. "Karena itu, kalau ada ketidakpuasan, dan menilai ada kecurangan dapat menempuh prosedur hukum," katanya.

Pemilu, kata dia, dapat selesai dengan baik. Jika semua pihak taat terhadap aturan hukum yang berlaku.

Mahfud menjelaskan, pada diskusi tersebut, Megawati menyambut baik dan berpandangan semua pihak memiliki semangat untuk menjaga persatuan bangsa dan negara.

AYO BACA : JK Terima Kunjungan Wapres Argentina

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers