web analytics
  

Teroris Bekasi: Polisi Temukan Buku-buku Merakit Bom di Lokasi Penemuan Bom Pipa

Kamis, 9 Mei 2019 15:58 WIB Ananda Muhammad Firdaus

Lokasi penemuan bom, di Jalan Muchktar Tabrani, Bekasi Utara. (Ananda M Firdaus/ayobekasi)

BEKASI UTARA, AYOBEKASI.NET--Kepolisian menemukan buku-buku yang diduga menjadi petunjuk merakit bom saat menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di toko telepon seluler Winky Cell, di Jalan Muchktar Tabrani, Bekasi Utara, Kamis (9/5/2019).

Diketahui sehari sebelumnya, Rabu (8/5/2019), penggeledahan dilakukan di lokasi tersebut. Menurut informasi sejumlah barang yang diduga sebagai alat peledak ditemukan beserta dua bom pipa. Dalam olah TKP, polisi kembali mengamankan barang-barang lainnya.

Ada buku-buku buat dia belajar bikin bahan peledak. Kemudian ada beberapa tulisan-tulisan juga barang-barang yang tidak ada kaitannya dengan jualan aksesoris ponsel di sini, tapi diduga ada kaitannya dengan rangkaian pembuatan bom, ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di lokasi olah TKP.

Argo menjelaskan, pelaksanaan olah TKP kurang lebih berjalan sekitar 45 menit dari pukuo 09.30-10.15 WIB. Dalam olah TKP, pihaknya juga melibatkan Polres Metro Bekasi Kota, tim penjikan bom (jibom), Automatic Fingerprint Identification System (Inafis), dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

Yang pertama dari jibom menemukan ada beberapa barang yang kaitannya dengan bom. Kedua oleh labfor tadi juga mengamankan serangkaian benda-benda yang diduga untuk meracik bom. Inafis juga ada, kemudian buku dan tulisan-tulisan itu, jelasnya.

Argo tidak merinci apa saja yang ditemukan hanya saja banyak barang yang di bawa dari TKP. Namun, katanya, barang-barang itu ditemukan dalam kotak dan lemari di dalam toko. 

Argo pun menjelaskan bahwa kasus ini merupakan pengembangan dari kasus penangkapan teroris di Jatiasih dan Babelan. Sementara satu orang yang diamankan dari kejadian semalam adalah R alias Eky. Eki diduga bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). 

Jadi ada kaitannya dengan dia sebagai JAD jaringan Lampung dengan JAD jaringan Bekasi, jelas Argo. 

Usai olah TKP di Bekasi Utara, Argo pun bersama tim kepolisian meluncur ke Babelan. Dalam kesempatan itu, polisi meledakan barang bukti bahan bom yang disita dari toko Winky Cell. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

artikel lainnya

dewanpers