web analytics
  

Pemkab Bandung Barat Serius Lakukan Pembenahan Infrastruktur Jalan

Rabu, 8 Mei 2019 20:44 WIB Faqih Rohman Syafei

Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna. (Faqih Rohman/ayobandung)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat terus melakukan pembenahan infrastruktur jalan. Ditargetkan, pada 2020 beberapa akses jalan dapat terbuka untuk sektor pariwisata.

Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna, mengatakan anggaran yang digunakan dalam pembenahan Infrastruktur Jalan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah provinsi, selain itu pihaknya juga memanfaatkan swasta untuk ikut berkontribusi. 

"Ada beberapa ruas jalan yang di biayai oleh pihak swasta, ada juga yang sudah berkomitmen dengan gubernur," ujarnya, Rabu (8/5/2019).

Dia menyebutkan ruas jalan Saguling - Rongga, menggunakan bantuan dari pemerintah provinsi, sedangkan untuk ruas Cihampelas (Jembatan BBS) - Rongga dibantu oleh swasta. Kini, untuk ruas Cihampelas -Rongga tinggal menunggu persetujuan dari DPRD KBB saja. 

Sedangkan ruas Cikalong - Cisarua, kata Umbara diperlukan pelebaran jalan karena kondisi jalan yang cukup sempit yakni tiga meter. Nantinya, ruas sepanjang 36 Km tersebut akan dilebarkan sampai delapan meter ditambah dengan bahu jalan menjadi 10 meter. 

"Cikalong - Cisarua sedang berjalan mudah-mudahan tahun depan dari pak gubernur ada pak wakil ada. Panjangnya 36 Km dengan anggaran antara Rp180-200 miliar dilengkapi drainase dan PJU," katanya.

Dia menambahkan untuk pembangunan flyover akan menggunakan bantuan swasta, guna mengurangi kemacetan dari Kota Baru Parahyangan menuju Gunung Masigit. 

Ia menambahkan, pembenahan Infrastruktur Jalan bertujuan untuk membuka akses menuju tempat wisata yang akan dikembangkan oleh Pemkab. Ditargetkan pada 2020 sebanyak tiga sampai empat akses dapat terbuka. 

"Ada beberapa yang memang nanti dibiayai swasta, tapi kalau ruas Cikalong - Cisarua, Saguling - Rongga dengan BBS - Rongga itu 70 persen jalan di KBB aksesnya mulai terbuka untuk wisata yang kita rencanakan," ucapnya.
 

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers