web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hari Palang Merah Sedunia: Yana Ajak Milenial Aktif dalam Gerakan Kemanusiaan

Rabu, 8 Mei 2019 17:38 WIB M. Naufal Hafizh

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Humas Setda Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Memperingati hari Palang Merah yang jatuh pada tanggal 8 Mei, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak milenial Kota Bandung lebih berperan aktif membantu masyarakat di bidang kesehatan dan keselamatan. Oleh karenanya, Yana sangat mendukung kegiatan Palang Merah Remaja di sekokah-sekolah.

"Mudah-mudahan Palang Merah Indonesia terus membantu masyarakat. Utamanya di bidang kesehatan dan keselamatan," tutur Yana, Rabu (8/5/2019), seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

Mengenai Palang Merah Remaja yang terbentuk di setiap sekolah, Yana optimistis organisasi tersebut menjadi wahana edukasi siswa. Para siswa dilatih lebih peduli terhadap kemanusiaan. Selain itu, mereka dapat belajar saling membantu ketika keadaan darurat. 

"PMR di sekolah-sekolah menjadi pembelajaran yang baik. Kepedulian terhadap sesama ditanamkan sejak usia dini lewat PMR," ujarnya. 

AYO BACA : 'Cinta' Jadi Tema Utama Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia 2019

Ia berharap, peringatan hari Palang Merah Sedunia mampu berkontribusi positif terhadap kemanusiaan, sehingga Kota Bandung menjadi lebih guyub dalam segala hal. 

Tanggal 8 Mei diperingati sebagai hari peringatan Palang Merah Sedunia dan Bulan Sabit Merah Sedunia. Tanggal tersebut merupakan kelahiran Henry Dunant pada 1828. 

Henry merupakan komite Palang Merah Internasional (ICRC). Berkat dedikasinya, ia mendapatkan hadiah nobel perdamaian. 

Di Indonesia terdapat Palang Merah Indonesia (PMI) yang bertugas siap siaga memberikan bantuan dan penanggulangan bencana serta pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers