web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Akui Kebohongan Sejak Awal, Fahri Hamzah Hargai Ratna Sarumpaet

Selasa, 7 Mei 2019 12:46 WIB M. Naufal Hafizh

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet bersiap mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Kamis (11/4/2019). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, yang dihadirkan sebagai saksi dalam dipersidangan Ratna Sarumpaet, menghargai sikap terdakwa yang mengakui kebohongannya terkait dengan penganiayaan yang bersangkutan.

Fahri mengakui mengontak Ratna setelah mengetahui Ratna Sarumpaet dianiaya di Bandung hingga mukanya lebam dari berita yang dia terima. Namun, baru direspons pada tanggal 3 Oktober sebelum Ratna melakukan konferensi pers.

"Sore menjelang konferensi pers telepon saya dijawab, di situ Bu Ratna mengatakan akan minta maaf," kata Fahri.

AYO BACA : Fahri Hamzah Jadi Saksi Persidangan Ratna Sarumpaet

"Saya (Ratna Sarumpaet) akan akhiri ini dan sebentar lagi saya akan konferensi pers. Saya akan mengakui bahwa saya berbohong," kata Fahri mengutip Ratna.

Karena mendengar pengakuan tersebut langsung dari Ratna, Fahri menghargainya.

"Bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan," ujar Fahri.

AYO BACA : Ratna Sarumpaet Minta Maaf kepada Dokter Bedah Plastiknya

Ia melanjutkan, "Saya menghargai karena itu di antara yang paling berat dalam hidup kita. Mengoreksi kesalahan yang kita buat. Menurut saya itu luar biasa dan beliau lakukan itu dengan tenang."

Fahri mengaku sempat mempercayai kebohongan yang Ratna buat, bahkan merespons berita penganiayaan tersebut dengan cukup keras. Namun, setelah Ratna meminta maaf, dia pun menganggap permasalahan selesai.

"Saya anggap peristiwa ini hanya 2 hari. Setelah itu, beliau mengaku dan saya anggap selesai," katanya.

Fahri menekankan, "Ancaman kebebasan berpendapat adalah ancaman pada demokrasi kita. Itu adalah dasar sikap spontan saya dan teman-teman kepada Bu Ratna. Akan tetapi, ketika beliau meminta maaf, itu selesai menurut saya."

AYO BACA : Ratna Sarumpaet Sebut Bagian Wajahnya yang Dioperasi

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers