web analytics
  

Selama Ramadan, Sekda Jabar Minta Kinerja ASN Ditingkatkan

Rabu, 1 Mei 2019 13:23 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Regional, Selama Ramadan, Sekda Jabar Minta Kinerja ASN Ditingkatkan, Sekda Jabar Iwa Karniwa,

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa. (Dok Humas Pemprov Jabar)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Jam kerja aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan seluruh Jawa Barat disesuaikan selama bulan Ramadan 1440 H atau puasa tahun 2019 ini.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh bupati dan wali kota terkait penyesuaian jam kerja ASN.

AYO BACA : Iwa Karniwa: Sambut Ramadan dengan Jaga Persatuan

“Kami sudah membuat surat edaran baik itu kepada kepala OPD juga kepada bupati/wali kota. Supaya untuk diinformasikan bahwa jam kerja PNS ada sedikit perubahan,” ujar Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, saat Tasyakuran dan Doa Bersama dalam Rangka Menyambut Bulan Suci Ramadan, di Rumah Dinas Sekda Jabar Jalan Aria Jipang Nomor 2, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019).    

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 060/29/ORG tentang Penetapan Jam Kerja Pada Bulan Ramadan 1440 H/2019 M di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, ditetapkan bahwa jumlah jam kerja efektif pada bulan Ramadan adalah 32 jam 30 menit per minggu.

AYO BACA : Jadwal Kerja ASN Jawa Barat Berubah Selama Ramadan

Rinciannya, pada Senin-Kamis, pegawai masuk pukul 07.30, istirahat setengah jam pukul 12.00 – 12.30, dan sudah boleh pulang pukul 14.30 WIB. Khusus hari Jumat, jam masuk ASN 07.30, istirahat satu jam pukul 11.30-12.30 karena untuk memberi waktu salat Jumat, dan pulang pulang pukul 15.00 WIB. Khusus ASN yang melayani sampai Sabtu, jam masuk kerja 08.00 dan pulang pulul 12.00 WIB.

Meskipun ada penyesuaian jam kerja, tapi Sekda Iwa meminta agar ASN dan seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan tidak mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Tetap produktivitas harus sama bahkan meningkat,” tegas Iwa.

Menurut Iwa, bulan Ramadan tak hanya momentum meningkatkan ibadah vertikal kepada Allah SWT, melainkan juga ladang amal horizontal kepada masyarakat banyak melalui optimalisasi kinerja yang tentunya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Tentu ibadah bukan hanya itu, tetapi ibadah juga tingkatkan kinerja kita dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, dimana kinerja ini bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” kata sambungnya.

AYO BACA : Sekda Jabar: Groundbreaking Tol NS Link Bandung Tunggu Keputusan Pusat

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers