web analytics
  

Sempat Ricuh, Ratusan Remaja Berseragam Hitam Susupi Aksi Buruh di Bandung

Rabu, 1 Mei 2019 15:32 WIB Nur Khansa Ranawati

Aparat Kepolisian mengamankan sejumlah oknum massa aksi di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019). (Kavin Faza/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak lebih dari 150-an remaja berseragam hitam-hitam sempat membuat gaduh area jalan Singaperbangsa dan jalan Dipatikur di antara aksi unjuk rasa peringatan Hari Buruh di Bandung, Rabu (1/5/2019).

Sebagian remaja yang mayoritas SMA tersebut kedapatan melalukan aksi vandalisme di sejumlah tempat dan fasilitas publik mulai dari area Taman Cikapayang hingga Jalan Dipatikur sekitar pukul 12.00 WIB siang. 

AYO BACA : Peringati May Day, Ribuan Buruh Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung Sate

Aksi vandalisme yang dilakukan di antaranya mencoret sekolah, aspal jalan, hingga kendaraan yang terparkir di sekitar jalan tersebut. Aksi pengejaran antara massa dan pihak kepolisian sempat terjadi sebelum akhirnya berhasil diamankan di area sekitar Monumen Perjuangan dan Jalan Japati.

"Ada sekelompok yang bukan buruh dengan suatu identitas, ternyata ada indikasi terjadinya pergesekan dengan buruh sehingga kita lakukan tindakan ketat untuk memisahkan mereka dari kelompok buruh," ungkap Kapolrestabes Bandung, Komnas Pol Irman Sugema.

AYO BACA : Sambut Ramadan, 35 Ribuan Warga Kota Bandung Akan Lakukan Bebersih

Pihaknya hingga saat ini masih mendalami asal-usul massa berusia remaja tersbeut. Irman mengatakan beberapa di antaranya merupakan mahasiswa dan pengangguran.

"Sedang kita dalami karena mereka seperti terselubung, akan kita dalami kelompoknya. Ada beberapa kelompok, ada pelajar, mahasiswa, ada juga pengangguran. Itu jadi pehatian bagi kami untuk ditindaklanjuti," jelasnya.

Beberapa di antaranya kedapatan membawa senjata tajam dan minuman keras. Sekitar pukul 14.00 WIB, seluruh massa berpakaian hitam telah diamankan dan dibawa ke Polrestabes Bandung untuk dimintai keterangan lebih lanjut. 

AYO BACA : Hari Buruh, Sejumlah Fasilitas Publik Dirusak Oknum Pelajar di Bandung

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers