web analytics
  
Banner Kemerdekaan

KPU Kabupaten Bandung Lakukan Rekapitulasi Selama Tiga Hari

Senin, 29 April 2019 12:56 WIB Mildan Abdalloh

Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Senin (29/4/2019). (Mildan Abdalloh/ayobandung)

SOREANG,AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu 2019, selama tiga hari.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, proses rekapitulasi dilakukan dari Senin(29/4/2019) sampai Rabu (1/5/2019).

AYO BACA : 450 Personel Amankan Sidang Pleno Rekapitulasi Suara Kabupaten Bandung

"Sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2018 tentang tahapan pemilu, untuk Kabupaten/Kota rekapitulasi dilaksanakan dari 20 April sampai 7 Mei. Kami mengambil 29 April sampai 1 Mei," tutur Agus selepas pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi, di Hotel Sutan Raja, Soreang, Senin (29/4/2819).

Proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten bandung dilakukan karena sebagian besar PPK sudah selesai melakukan rekapitulasi.

AYO BACA : Kawan Lama Retail Buka Cabang Baru di Kings Plaza Bandung

Menurut Agus, dari 31 kecamatan, sebanyak 28 kecamatan telah selesai melakukan rekapitulasi. Masih terdapat tiga kecamatan yang belum selesai melakukan rekapitulasi yakni Dayeuhkolot, Cileunyi dan Baleendah. Tiga kecamatan tersebut merupakan daerah dengan penduduk terbanyak, sehingga memerlukan waktu lebih panjang.

"Proses rekapitulasi tingkat kabupaten bisa dilakukan paralel, artinya tidak harus menunggu rekap semua PPK. Jadi sambil berjalan, yang tiga kecamatan itu akan selesai hari ini," paparnya.

Proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten bandung lanjut Agus dibagi menjadi dua. Hari pertama akan dilakukan pembacaan hasil rekap 16 kecamatan, sisanya 15 kecamatan direncanakan akan dilakukan besok.

"Diupayakan pembacaan rekapitulasi PPK dilakukan dua hari. Jika besok sampai pukul 24.00WIB belum selesai, maka akan dilanjutkan hari Rabu. Rencananya Rabu akan melakukan proses administrasi seperti penulisan hasil dan penandatanganan berita acara," ujarnya.

AYO BACA : 3.613 Warga Manado Terdampak Banjir

Editor: Andres Fatubun
dewanpers