web analytics
  

Tingkat Partisipasi Pemilu di Jabar Naik

Jumat, 19 April 2019 05:37 WIB Nur Khansa Ranawati

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.(Khansa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Tingkat partisipasi pemilu rata-rata kabupaten dan kota di Jawa Barat mengalami kenaikan pada pemilu 2019 dibandingkan dengan pemilu 2014. Hal tersebut disampaikan lewat teleconference olah ke-27 pejabat di kabupaten/kota se-Jawa Barat pada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum di ruang Desk Pilkada Gedung Sate, Kamis (18/4/2019).

Seperti yang dilaporkan Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, misalnya. Dia mengatakan, partisipasi pemilu Kabupaten Bogor mengalami kenaikan. Untuk Pilpres 2019, tingkat partisipasi pemilu di daerah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbesar se-Jabar tersebut berada di angka 77%.

"Pemilu di 435 desa Kabupaten Bogor berjalan lancar sesuai jadwal yang diprediksi, total ada 13 ribu TPS dan pertisipasi mengalami kenaikan," ungkap Iwan ketika dihubungi via teleconference.

Kenaikan persentase partisipasi pemilu di Kabupaten Bogor tergolong ke dalam kategori paling tinggi di Jabar setelah Kabupaten Pangandaran. Uu mengatakan, peningkatan persentase partisipasi pemilu di daerah tersebut mencapai 16%.

"Kalau kenaikan partisipasi pemilu, paling tinggi itu Kabupaten Pangandaran, sampau 16% lebih. Rata-rata kenaikan di daerah antara 5% sampai 6%," ungkap Uu.

Sementara itu, untuk persentase partisipasi pemilu tertinggi di Jabar diraih oleh Kota Cimahi. Di sana, menurut keterangan Uu yang memperoleh laporan dari pejabat daerah setempat, angkanya mencapai 86%.

"Ini menunjukan meningkatnya kesadaran masyaralat atas berpolitik dan demokrasi," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dia mengatakan, secara umum tingkat partisipasi pemilu di Jabar tahun ini telah meningkat dibandingkan dengan 2014.

"Tingkat partisipasi sudah baik, melebihi (pemilu) yang 2014. Kemudian situasinya juga aman terkendali," ungkap Emil, sapaan akrabnya ketika ditemui selepas melakukan laporan penyelenggaraann pemilu kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI via teleconference di hari yang sama.

Meski demikian, bila ditotal, presentase partisipasi Pemilu 2019 di Jabar belum mencapai target 80%. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, tingkat partisipasi pemilu di Jabar tahun ini berada di kisaran 75%.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers